• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Sedudo di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk

    Thumbnail
    View/Open
    Lilis Wulandari.Repository.pdf (1.207Mb)
    Date
    2024-04-26
    Author
    WULANDARI, Lilis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk merupakan pelaku utama dalam pelaksanaan administrasi kependudukan sehingga tidak terlepas dari permasalahan yang terjadi dalam proses pelayanan. Proses pelayanan yang di nilai masih lama akibat beberapa kendala menjadi permasalahan utama dalam pemberian pelayanan. Oleh karena itu Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk memberikan pelayanan online melalui aplikasi Sedudo sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan pelayanan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeksripsikan inovasi proses pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian terdiri dari data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan beberapa dokumen. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman (2014) yaitu dengan pengumpulan datam kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada Desember 2023 sampai Januari 2024. Hasil dari penelitian yang dilakukan aplikasi Sedudo belum sepenuhnya berjalan dengan optimal karena masih muncul kendala baru seperti tidak semua orang paham mengenai teknologi dan kendala jaringan karena tidak semua daerah bisa terjangkau jaringan dengan baik. Beberapa masyarakat merasa terbantu dengan adanya aplikasi Sedudo karena tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil, akan tetapi sebagian masyarakat juga merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi Sedudo termasuk orang yang sudah tua. Kata kunci : inovasi, proses layanan, administrasi kependudukan
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125415
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5656]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository