Inovasi Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Sedudo di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk merupakan
pelaku utama dalam pelaksanaan administrasi kependudukan sehingga tidak
terlepas dari permasalahan yang terjadi dalam proses pelayanan. Proses pelayanan
yang di nilai masih lama akibat beberapa kendala menjadi permasalahan utama
dalam pemberian pelayanan. Oleh karena itu Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk
memberikan pelayanan online melalui aplikasi Sedudo sebagai upaya dalam
mengatasi permasalahan pelayanan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mendeksripsikan inovasi proses pelayanan administrasi
kependudukan yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber
data dalam penelitian terdiri dari data primer dan skunder. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan beberapa dokumen.
Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman
(2014) yaitu dengan pengumpulan datam kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada Desember 2023
sampai Januari 2024. Hasil dari penelitian yang dilakukan aplikasi Sedudo belum
sepenuhnya berjalan dengan optimal karena masih muncul kendala baru seperti
tidak semua orang paham mengenai teknologi dan kendala jaringan karena tidak
semua daerah bisa terjangkau jaringan dengan baik. Beberapa masyarakat merasa
terbantu dengan adanya aplikasi Sedudo karena tidak perlu datang ke kantor
Dispendukcapil, akan tetapi sebagian masyarakat juga merasa kesulitan untuk
menggunakan aplikasi Sedudo termasuk orang yang sudah tua.
Kata kunci : inovasi, proses layanan, administrasi kependudukan