Show simple item record

dc.contributor.authorWULANDARI, Lilis
dc.date.accessioned2025-02-18T08:20:59Z
dc.date.available2025-02-18T08:20:59Z
dc.date.issued2024-04-26
dc.identifier.nim200910201034en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125415
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk merupakan pelaku utama dalam pelaksanaan administrasi kependudukan sehingga tidak terlepas dari permasalahan yang terjadi dalam proses pelayanan. Proses pelayanan yang di nilai masih lama akibat beberapa kendala menjadi permasalahan utama dalam pemberian pelayanan. Oleh karena itu Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk memberikan pelayanan online melalui aplikasi Sedudo sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan pelayanan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeksripsikan inovasi proses pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian terdiri dari data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan beberapa dokumen. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman (2014) yaitu dengan pengumpulan datam kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada Desember 2023 sampai Januari 2024. Hasil dari penelitian yang dilakukan aplikasi Sedudo belum sepenuhnya berjalan dengan optimal karena masih muncul kendala baru seperti tidak semua orang paham mengenai teknologi dan kendala jaringan karena tidak semua daerah bisa terjangkau jaringan dengan baik. Beberapa masyarakat merasa terbantu dengan adanya aplikasi Sedudo karena tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil, akan tetapi sebagian masyarakat juga merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi Sedudo termasuk orang yang sudah tua. Kata kunci : inovasi, proses layanan, administrasi kependudukanen_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos.,M.Si. DPA: Drs. Boedijono M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKabupaten Nganjuken_US
dc.subjectAdministrasi Kependudukanen_US
dc.titleInovasi Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Sedudo di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos.,M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Boedijono M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record