Prosedur Komunikasi Guest Relation Officer (GRO) Sebagai Frontliner di Treasure Bay Bintan
Abstract
Treasure Bay Bintan merupakan perusahaan destinasi wisata unggulan yang
bergerak dibidang jasa dan wahana rekreasi yang cocok di nikmati segala
kalangan usia, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kunjungan
wisatawan ke Treasure Bay Bintan menaruh ekspetasi mengenai pelayanan
komunikasi mengingat luas Treasure Bay 6,3 Hektare didukung dengan status
destinasi bertaraf internasional. Ketepatan komunikasi Guest Relation Officer
(GRO) juga berperan penting dalam keberhasilan dan kepuasan ekspetasi tamu.
Dalam menjalankan prosedur komunikasi, seorang GRO menjadi
penghubung informasi antara perusahaan dengan tamu. Selain itu berperan untuk
menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi tamu, melalui komunikasi yang
efektif, keramahan, dan perhatian yang tulus. Ketepatan dan kecepatan
penyampaian komunikasi menjadi tolak ukur GRO dalam tingkat pemahaman
tamu dan menghemat waktu, dikarenakan terjadi mobilitas sangat tinggi di
Information Center. Dari hasil Praktek Kerja Nyata yang sudah dilaksanakan
penulis di Treasure Bay Bintan dapat disimpulkan bahwa prosedur komunikasi
seorang staf Guest Relation Officer (GRO) meliputi penampilan, menyambut
tamu, menawarkan bantuan, interpretasi informasi tiket dan peningkatan
penjualan permainan (upselling activity) dalam memberikan pelayanan
komunikasi kepada tamu. GRO dituntut untuk memberikan komunikasi sebagai
pertukaran dan pemberian informasi yang jelas dan akurat mengenai jenis-jenis
tiket masuk dan produk permainan yang ditawarkan. Penggunaan jenis
komunikasi ini secara verbal dan non verbal.
Collections
- DP-Travel Agent [255]