• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Riris Ajeng Ulanuari_210210104119.pdf (7.347Mb)
    Date
    2025-01-13
    Author
    ULANUARI, Riris Ajeng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, tes (soal pretest-posttest), wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analyze, berisi analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis potensi lokal. Tahapan design merupakan langkah peneliti untuk merancang e-modul dan menyusun perangkat pendukung pembelajaran e-modul (ATP dan modul ajar), soal evaluasi (soal pretest-posttest) yang memuat indikator literasi dan berbasis potensi lokal desa Grenden. Tahap development, e-modul dan perangkat pembelajaran yang meliputi alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan evaluasi berupa soal pretest-posttest divalidasi oleh 3 validator ahli. Tahap implementation, dilakukan dengan mengujicobakan e-modul yang telah dikembangkan ke siswa dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir adalah evaluation, tahap ini digunakan untuk mengukur efektivitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang didapatkan dari hasil tes pretest-posttest sebagai data peningkatan literasi sains dan lembar angket respon siswa untuk memperoleh data analisis respon siswa setelah menggunakan produk. Analisis pengembangan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan 3 uji (uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan). Data validitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden memperoleh skor rata-rata 90,0% dari ketiga validator dengan kategori sangat valid. Kepraktisan penggunaan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden pada pembelajaran IPA memperoleh skor rata-rata 91,2% dengan kategori sangat praktis. E-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA, karena nilai N-gain yang diperoleh mencapai 0,71 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan data angket respon siswa e-modul juga memperoleh respon yang positif dengan rata-rata skor mencapai 87,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa emodul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15480]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository