dc.contributor.author | ULANUARI, Riris Ajeng | |
dc.date.accessioned | 2025-02-13T02:18:24Z | |
dc.date.available | 2025-02-13T02:18:24Z | |
dc.date.issued | 2025-01-13 | |
dc.identifier.nim | 210210104119 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Februari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian
diperoleh melalui lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,
lembar angket respon siswa, tes (soal pretest-posttest), wawancara, dan
dokumentasi. Tahapan analyze, berisi analisis kurikulum, analisis
siswa, dan analisis potensi lokal. Tahapan design merupakan langkah peneliti untuk
merancang e-modul dan menyusun perangkat pendukung pembelajaran e-modul
(ATP dan modul ajar), soal evaluasi (soal pretest-posttest) yang memuat indikator
literasi dan berbasis potensi lokal desa Grenden. Tahap development, e-modul dan
perangkat pembelajaran yang meliputi alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan
evaluasi berupa soal pretest-posttest divalidasi oleh 3 validator ahli. Tahap
implementation, dilakukan dengan mengujicobakan e-modul yang telah
dikembangkan ke siswa dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul melalui lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir adalah evaluation, tahap
ini digunakan untuk mengukur efektivitas e-modul pembelajaran IPA berbasis
potensi lokal desa Grenden yang didapatkan dari hasil tes pretest-posttest sebagai
data peningkatan literasi sains dan lembar angket respon siswa untuk memperoleh
data analisis respon siswa setelah menggunakan produk.
Analisis pengembangan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal
desa Grenden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan 3 uji (uji validitas,
uji kepraktisan, dan uji keefektifan). Data validitas e-modul pembelajaran IPA
berbasis potensi lokal desa Grenden memperoleh skor rata-rata 90,0% dari ketiga
validator dengan kategori sangat valid. Kepraktisan penggunaan e-modul
pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden pada pembelajaran IPA
memperoleh skor rata-rata 91,2% dengan kategori sangat praktis. E-modul
pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden efektif untuk meningkatkan
literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA, karena nilai N-gain yang diperoleh
mencapai 0,71 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan data angket respon
siswa e-modul juga memperoleh respon yang positif dengan rata-rata skor mencapai
87,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa emodul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden layak digunakan
sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains
siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) | en_US |
dc.subject | E-Modul Pembelajaran IPA | en_US |
dc.title | Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr.Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |