Show simple item record

dc.contributor.authorULANUARI, Riris Ajeng
dc.date.accessioned2025-02-13T02:18:24Z
dc.date.available2025-02-13T02:18:24Z
dc.date.issued2025-01-13
dc.identifier.nim210210104119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 13 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, tes (soal pretest-posttest), wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analyze, berisi analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis potensi lokal. Tahapan design merupakan langkah peneliti untuk merancang e-modul dan menyusun perangkat pendukung pembelajaran e-modul (ATP dan modul ajar), soal evaluasi (soal pretest-posttest) yang memuat indikator literasi dan berbasis potensi lokal desa Grenden. Tahap development, e-modul dan perangkat pembelajaran yang meliputi alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan evaluasi berupa soal pretest-posttest divalidasi oleh 3 validator ahli. Tahap implementation, dilakukan dengan mengujicobakan e-modul yang telah dikembangkan ke siswa dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir adalah evaluation, tahap ini digunakan untuk mengukur efektivitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang didapatkan dari hasil tes pretest-posttest sebagai data peningkatan literasi sains dan lembar angket respon siswa untuk memperoleh data analisis respon siswa setelah menggunakan produk. Analisis pengembangan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan 3 uji (uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan). Data validitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden memperoleh skor rata-rata 90,0% dari ketiga validator dengan kategori sangat valid. Kepraktisan penggunaan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden pada pembelajaran IPA memperoleh skor rata-rata 91,2% dengan kategori sangat praktis. E-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA, karena nilai N-gain yang diperoleh mencapai 0,71 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan data angket respon siswa e-modul juga memperoleh respon yang positif dengan rata-rata skor mencapai 87,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa emodul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation)en_US
dc.subjectE-Modul Pembelajaran IPAen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record