Show simple item record

dc.contributor.authorHERITA, Shafira Cahya Nanda
dc.date.accessioned2025-02-11T06:49:28Z
dc.date.available2025-02-11T06:49:28Z
dc.date.issued2025-01-20
dc.identifier.nim202410101126en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125293
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) aplikasi manajemen pertanian "AgriHouse" yang berbasis mobile untuk mendukung program Smart Green House (SGH) di Kabupaten Banyuwangi. Program SGH menggunakan teknologi modern untuk menjaga konsistensi hasil panen, tetapi petani masih menghadapi kesulitan dalam memantau parameter penting seperti suhu dan pH air yang dilakukan secara manual. Oleh karena itu, aplikasi AgriHouse dirancang untuk membantu petani dengan fitur-fitur berbasis teknologi digital. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang meliputi enam tahap empathize, define, ideate, decide, prototype, dan test. Tahapan ini memungkinkan peneliti untuk memahami kebutuhan petani dan merancang solusi berbasis teknologi. Untuk memprioritaskan fitur yang relevan, digunakan Kano Model, sementara evaluasi kegunaan dilakukan dengan User Experience Questionnaire Plus (UEQ+). Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain aplikasi AgriHouse berhasil memenuhi kebutuhan petani dengan fitur-fitur utama seperti monitoring suhu dan pH air secara real-time, pencatatan data keuangan, pengelolaan jadwal panen dan customer service (cs). Berdasarkan Kano Model, delapan fitur utama diprioritaskan dari lima belas fitur awal. Pengujian UEQ+ menunjukkan nilai rata-rata pada semua skala berada di atas 0,8, yang mengindikasikan pengalaman pengguna yang positif. Kesimpulannya, aplikasi AgriHouse berhasil dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas petani SGH di Banyuwangi. Metode Design Thinking yang dioptimalkan dengan Kano Model memberikan pendekatan yang terstruktur untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan fitur yang relevan. Evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi ini memberikan pengalaman pengguna yang baik. Untuk pengembangan selanjutnya, aplikasi ini perlu diimplementasikan dan diuji lebih lanjut dalam penggunaan nyata untuk menilai dampaknya terhadap produktivitas pertanian secara langsung.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI Dosen Pembimbing Anggota : Tri Agustina Nugrahani, S.Kom., M.Komen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectImplementasi Kano Modelen_US
dc.subjectPerancangan Design UI/UXen_US
dc.subjectSmart Green House (SGH)en_US
dc.subjectAplikasi Manajemen Pertanian "AgriHouse"en_US
dc.subjectKabupaten Banyuwangien_US
dc.titleImplementasi Kano Model dalam Perancangan Design UI/UX Aplikasi Manajemen Pertanian "AgriHouse" pada Program Smart Green House (SGH) di Kabupaten Banyuwangi Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinkingen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tri Agustina Nugrahani, S.Kom., M.Kom.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 5 Februari 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record