• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality pada Materi Teks Fantasi Kelas VII SMPN 2 Turen Malang

    Thumbnail
    View/Open
    Afifah Zana Shahita_190210402059 (4.806Mb)
    Date
    2025-01-01
    Author
    SHAHITA, Afifah Zana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada era saat ini, teknologi sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi mengharuskan penggunanya untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi bagi seorang pendidik. Pendidik dapat menggunakan teknologi yang bervariasi menjadi media pembelajaran. Seperti halnya pada saat dilakukan pra-observasi, ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia masih diajarkan dengan cara pendidik berceramah di depan kelas. Sangat dianjurkan bagi pendidik untuk menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Pendidik dapat menyajikan materi dengan fitur 3 dimensi (3D) atau Augmented Reality yang terdapat pada media Assemblr Edu. Penggunaan media pembelajaran dapat menumbuhkan rasa keingintahuan dan keaktifan pada saat pembelajaran. Apabila pembelajaran mencapai tujuan yang baik, hal ini membuktikan bahwa media yang digunakan terbukti efektif. Efektivitas media pembelajaran merupakan salah satu tolak ukur dari keberhasilan suatu pembelajaran. Efektivitas dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Augmented Reality pada materi teks fantasi yang ditinjau dari 2 aspek yaitu aktivitas belajar dan hasil belajar pada kelas VII di SMPN 2 Turen Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan preexperimental design. Sebanyak 32 peserta didik dipilih menjadi sampel penelitian melalui teknik purposive sampling. Pada saat dilaksanakan penelitian, peserta didik dibagi menjadi dua kelompok, 1) kelompok eksperimen merupakan kelompok yang menggunakan media pembelajaran Assemblr Edu dan 2) kelompok kontrol yaitu kelompok yang menggunakan media pembelajaran konvensional atau menggunakan papan tulis oleh pendidik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes. Adapun data aktivitas belajar dikumpulkan melalui lembar observasi dan data hasil belajar dikumpulkan melalui post-test. Analisis data aktivitas belajar dihitung berdasarkan perbandingan persentase dari skor hasil observasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian analisis data hasil belajar dalam penelitian ini dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Pada aspek aktivitas belajar, skor kelompok eksperimen sebesar 87% lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 77%. Berdasarkan rata-rata persentase kelompok eksperimen sebesar 87%, menjadikan kelompok eksperimen dikategorikan sangat baik. Hal ini didasarkan pada kriteria aktivitas belajar dengan kisaran skor 81% - 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun kategori kelompok kontrol sebesar 77% yaitu baik. Dengan kisaran skor sebesar 61% - 80% termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian pada aspek hasil belajar dapat dilihat dari hasil analisis uji-t (Independent Sample t-Test) dengan perolehan nilai p-value (Sig. 2-tailed) sebesar 0,03 < 0,05. Hasil analisis aktivitas belajar menunjukkan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki kontribusi dalam membentuk keaktifan peserta didik. Adapun hasil analisis hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Oleh karena itu hasil analisis kedua aspek tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Augmented Reality terbukti efektif digunakan pada materi teks fantasi kelas VII SMPN 2 Turen Malang. Bagi pendidik dan peneliti selanjutnya, pada saat menggunakan media pembelajaran Assemblr Edu disarankan untuk memilih metode pembelajaran yang lebih bervariasi agar dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih eksploratif
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125291
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15480]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository