dc.contributor.author | SHAHITA, Afifah Zana | |
dc.date.accessioned | 2025-02-11T06:41:06Z | |
dc.date.available | 2025-02-11T06:41:06Z | |
dc.date.issued | 2025-01-01 | |
dc.identifier.nim | 190210402059 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125291 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Februari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pada era saat ini, teknologi sudah berkembang sangat pesat.
Perkembangan teknologi mengharuskan penggunanya untuk memanfaatkan
teknologi dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi bagi seorang pendidik. Pendidik
dapat menggunakan teknologi yang bervariasi menjadi media pembelajaran.
Seperti halnya pada saat dilakukan pra-observasi, ditemukan bahwa pembelajaran
Bahasa Indonesia masih diajarkan dengan cara pendidik berceramah di depan
kelas. Sangat dianjurkan bagi pendidik untuk menggunakan media pembelajaran
dalam proses pembelajaran. Pendidik dapat menyajikan materi dengan fitur 3
dimensi (3D) atau Augmented Reality yang terdapat pada media Assemblr Edu.
Penggunaan media pembelajaran dapat menumbuhkan rasa keingintahuan
dan keaktifan pada saat pembelajaran. Apabila pembelajaran mencapai tujuan
yang baik, hal ini membuktikan bahwa media yang digunakan terbukti efektif.
Efektivitas media pembelajaran merupakan salah satu tolak ukur dari keberhasilan
suatu pembelajaran. Efektivitas dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti pada
penelitian ini yaitu aktivitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan
mengetahui efektivitas media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Augmented
Reality pada materi teks fantasi yang ditinjau dari 2 aspek yaitu aktivitas belajar
dan hasil belajar pada kelas VII di SMPN 2 Turen Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan preexperimental design. Sebanyak 32 peserta didik dipilih menjadi sampel penelitian
melalui teknik purposive sampling. Pada saat dilaksanakan penelitian, peserta
didik dibagi menjadi dua kelompok, 1) kelompok eksperimen merupakan
kelompok yang menggunakan media pembelajaran Assemblr Edu dan 2)
kelompok kontrol yaitu kelompok yang menggunakan media pembelajaran konvensional atau menggunakan papan tulis oleh pendidik. Data penelitian
dikumpulkan melalui observasi dan tes. Adapun data aktivitas belajar
dikumpulkan melalui lembar observasi dan data hasil belajar dikumpulkan melalui
post-test. Analisis data aktivitas belajar dihitung berdasarkan perbandingan
persentase dari skor hasil observasi antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Kemudian analisis data hasil belajar dalam penelitian ini dilakukan
melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Pada aspek aktivitas belajar, skor kelompok eksperimen sebesar 87% lebih
besar dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 77%. Berdasarkan rata-rata
persentase kelompok eksperimen sebesar 87%, menjadikan kelompok eksperimen
dikategorikan sangat baik. Hal ini didasarkan pada kriteria aktivitas belajar
dengan kisaran skor 81% - 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun
kategori kelompok kontrol sebesar 77% yaitu baik. Dengan kisaran skor sebesar
61% - 80% termasuk dalam kategori baik.
Hasil penelitian pada aspek hasil belajar dapat dilihat dari hasil analisis
uji-t (Independent Sample t-Test) dengan perolehan nilai p-value (Sig. 2-tailed)
sebesar 0,03 < 0,05.
Hasil analisis aktivitas belajar menunjukkan bahwa kedua kelompok
tersebut memiliki kontribusi dalam membentuk keaktifan peserta didik. Adapun
hasil analisis hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Oleh karena itu
hasil analisis kedua aspek tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran
Assemblr Edu berbasis Augmented Reality terbukti efektif digunakan pada materi
teks fantasi kelas VII SMPN 2 Turen Malang.
Bagi pendidik dan peneliti selanjutnya, pada saat menggunakan media
pembelajaran Assemblr Edu disarankan untuk memilih metode pembelajaran yang
lebih bervariasi agar dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih
eksploratif | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama : Dr. Arief Rijadi, M.Si., M.Pd
Pembimbing Anggota : Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Assemblr Edu | en_US |
dc.subject | Augmented Reality | en_US |
dc.subject | Materi Teks Fantasi | en_US |
dc.subject | SMPN 2 Turen Malang | en_US |
dc.title | Efektivitas Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality pada Materi Teks Fantasi Kelas VII SMPN 2 Turen Malang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arief Rijadi, M.Si., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 6 Februari,2025 | en_US |