• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Kapal Wisata untuk Fasilitas Wisata di Pantai Bangsring Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Aisyah Divya Aproditha_181910701017 (1.461Mb)
    Date
    2024-10-15
    Author
    APRODITHA, Aisyah Divya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Wisata bahari adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang memiliki keindahan baik dari segi pantai maupun terumbu karangnya. Salah satu tempat tempat wisata bahari di Jawa Timur berada di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi merupakan sebuah kota yang memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar. Pantai Bangsring merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi, yang menyediakan banyak tempat wisata yang menarik seperti rumah apung, snorkelling, diving, memberi makan ikan, dan berenang bersama hiu. Kapal wisata adalah sebuah kapal dengan fungsi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang ingin menikmati aktivitas wisata bahari. Terdapat beberapa definisi dari kapal wisata tergantung dari konsep kapal wisata itu sendiri. Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki kapal-kapal tradisional yang dimodifikasi dengan berbagai fasilitas untuk keperluan kapal wisata. Metode perancangan yang dipakai dalam penentuan ukuran utama tugas akhir ini adalah metode Parent Design Approach. Dengan metode ini, kapal yang akan peneliti rancang menggunakan data kapal dari acuan kapal yang sudah ada dan berkinerja baik. Permasalahan yang diambil yaitu desain kapal wisata untuk sarana pariwisata di pantai Bangsring Banyuwangi. Metode perancangan yang akan dilakukan meliputi penentuan principal dimension, analisa teknis (hambatan, stabilitas, seakeeping) dan penggambaran desain kapal seperti desain lines plan, general arrangment dan desain 3 dimensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat adalah LOA = 12,58 m, B = 6,86 m, H = 1,8 m, T = 0,6 m, dan Vs = 6 knots dengan jumlah penumpang 25 orang, dan jumlah crew kapal 2 orang. Adapun hasil hambatan yang diperoleh setelah analisa dengan metode Slender Body sebesar 4,2 kn dan daya kapal sebesar 17,37 hp. Sedangkan untuk analisa stabilitas kapal didapat hasil bahwa pada kondisi semua loadcase telah memenuhi dari kriteria IMO A.749 (18) Chapter 3. Analisa terakhir yaitu analisa seakeeping dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai batasan tinggi gelombang masing-masing sebesar heave = 0,84, roll = 5,26, pitch = 2,20.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125257
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4293]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository