Desain Kapal Wisata untuk Fasilitas Wisata di Pantai Bangsring Banyuwangi
Abstract
Wisata bahari adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang memiliki
keindahan baik dari segi pantai maupun terumbu karangnya. Salah satu tempat
tempat wisata bahari di Jawa Timur berada di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi
merupakan sebuah kota yang memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar.
Pantai Bangsring merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi, yang
menyediakan banyak tempat wisata yang menarik seperti rumah apung, snorkelling,
diving, memberi makan ikan, dan berenang bersama hiu.
Kapal wisata adalah sebuah kapal dengan fungsi memberikan kenyamanan
dan keamanan bagi wisatawan yang ingin menikmati aktivitas wisata bahari.
Terdapat beberapa definisi dari kapal wisata tergantung dari konsep kapal wisata
itu sendiri. Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki kapal-kapal tradisional
yang dimodifikasi dengan berbagai fasilitas untuk keperluan kapal wisata.
Metode perancangan yang dipakai dalam penentuan ukuran utama tugas
akhir ini adalah metode Parent Design Approach. Dengan metode ini, kapal yang
akan peneliti rancang menggunakan data kapal dari acuan kapal yang sudah ada dan
berkinerja baik. Permasalahan yang diambil yaitu desain kapal wisata untuk sarana
pariwisata di pantai Bangsring Banyuwangi. Metode perancangan yang akan
dilakukan meliputi penentuan principal dimension, analisa teknis (hambatan,
stabilitas, seakeeping) dan penggambaran desain kapal seperti desain lines plan,
general arrangment dan desain 3 dimensi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat adalah LOA =
12,58 m, B = 6,86 m, H = 1,8 m, T = 0,6 m, dan Vs = 6 knots dengan jumlah
penumpang 25 orang, dan jumlah crew kapal 2 orang. Adapun hasil hambatan yang
diperoleh setelah analisa dengan metode Slender Body sebesar 4,2 kn dan daya
kapal sebesar 17,37 hp. Sedangkan untuk analisa stabilitas kapal didapat hasil
bahwa pada kondisi semua loadcase telah memenuhi dari kriteria IMO A.749 (18) Chapter 3. Analisa terakhir yaitu analisa seakeeping dengan hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai batasan tinggi gelombang masing-masing sebesar heave
= 0,84, roll = 5,26, pitch = 2,20.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4153]