Pengembangan LKPD Berbasis Teori Bruner untuk Mengefektifkan Hasil Pembelajaran Materi Pecahan pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Kotakulon 1 Bondowoso
Abstract
LKPD berbasis Teori Bruner merupakan salah satu bahan ajar yang disesuaikan dengan tahap kognitif Bruner meliputi enaktif, ikonik dan simbolik. LKPD disesuaikan dengan kurikulum merdeka pada materi pecahan sub materi pecahan dengan pembilang satu, pecahan dengan penyebut sama dan pecahan senilai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis Teori Bruner. Metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall yang dilakukan hingga tahap ke delapan yaitu uji coba keefektifan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket, tes hasil belajar serta observasi kepraktisan. Data tersebut di analisis melalui, (1) uji kevalidan produk; (2) uji keefektifan melalui uji t dan keefektifan relatif; serta (3) uji kepraktisan produk melalui respon peserta didik dan observasi. Hasil validasi produk menunjukkan skor 89 dengan kategori sangat layak. Uji keefektifan melalui independent sample t-test diperoleh t hitung ≥ t tabel (3,002 ≥ 1,9889) dengan keefektifan relatif 30% dalam kategori rendah. Hasil kepraktisan melalui respon peserta didik menunjukkan skor 88,97 dengan kategori sangat praktis serta hasil observasi kepraktisan memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa LKPD berdasarkan teori Bruner dinyatakan valid, efektif dan praktis untuk mengefektifkan hasil belajar pada materi pecahan kelas IV Sekolah Dasar.