Show simple item record

dc.contributor.authorHARDANINGRUM, Rosana
dc.date.accessioned2025-02-10T23:49:22Z
dc.date.available2025-02-10T23:49:22Z
dc.date.issued2023-07-05
dc.identifier.nim190210204090en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125247
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractLKPD berbasis Teori Bruner merupakan salah satu bahan ajar yang disesuaikan dengan tahap kognitif Bruner meliputi enaktif, ikonik dan simbolik. LKPD disesuaikan dengan kurikulum merdeka pada materi pecahan sub materi pecahan dengan pembilang satu, pecahan dengan penyebut sama dan pecahan senilai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis Teori Bruner. Metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall yang dilakukan hingga tahap ke delapan yaitu uji coba keefektifan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket, tes hasil belajar serta observasi kepraktisan. Data tersebut di analisis melalui, (1) uji kevalidan produk; (2) uji keefektifan melalui uji t dan keefektifan relatif; serta (3) uji kepraktisan produk melalui respon peserta didik dan observasi. Hasil validasi produk menunjukkan skor 89 dengan kategori sangat layak. Uji keefektifan melalui independent sample t-test diperoleh t hitung ≥ t tabel (3,002 ≥ 1,9889) dengan keefektifan relatif 30% dalam kategori rendah. Hasil kepraktisan melalui respon peserta didik menunjukkan skor 88,97 dengan kategori sangat praktis serta hasil observasi kepraktisan memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa LKPD berdasarkan teori Bruner dinyatakan valid, efektif dan praktis untuk mengefektifkan hasil belajar pada materi pecahan kelas IV Sekolah Dasar.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectTEORI BRUNERen_US
dc.subjectMATERI PECAHANen_US
dc.subjectKURIKULUM MERDEKAen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Teori Bruner untuk Mengefektifkan Hasil Pembelajaran Materi Pecahan pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Kotakulon 1 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Februari_2025_6en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record