• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka Unit 3 KB 1 Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi untuk Siswa Kelas IV SD

    Thumbnail
    View/Open
    Tasya Septhia Cahyani_190210204092 (797.8Kb)
    Date
    2023-07-21
    Author
    CAHYANI, Tasya Septhia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum di Indonesia terus mengalami perubahan untuk mengikuti zaman dan perkembangan teknologi, salah satunya kurikulum merdeka. Bahan ajar yang digunakan dalam kurikulum ini masih terbatas dan bersifat umum. Saat ini, guru dituntut untuk mengembangkan bahan ajar yang bersifat digital pada abad 21, khususnya e-modul. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik yang dapat digunakan secara mandiri, dikemas secara menarik, dan interaktif. Pembelajaran yang efektif bagi siswa pada dasarnya dikaitkan dengan lingkungan sekitarnya, yakni kearifan lokal daerahnya. Kurangnya upaya pengaitan tersebut ke dalam materi pembelajaran, mengakibatkan siswa masih belum memahami secara mendalam kearifan lokal dan nilai dari budayanya sendiri. Kearifan lokal yang dikaitkan dalam pembelajaran memiliki tujuan, agar siswa mengenal, memahami, dan melestarikan nilai-nilai budayanya. Berdasarkan hal tersebut, maka dikembangkanlah e-modul Pendidikan Pancasila unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas IV SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimana proses pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD yang valid, efektif, dan praktis; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD. Tujuannya yaitu: (1) untuk mengetahui proses pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD yang valid, efektif, dan praktis; dan (2) untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Tahapan dari penelitian ini yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) merencanakan dan mengembangkan produk; (3) mengembangkan desain produk awal; (4) melakukan validasi desain produk; (5) merevisi desain produk awal; (6) melakukan uji coba penggunaan; (7) merevisi desain produk; (8) melakukan uji coba keefektifan; (9) produk final dan produk massal; dan (10) desiminasi produk dan implementasi. Proses dari pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal ini hanya menggunakan 8 tahapan, karena sudah menjawab permasalahan penelitian. Hasil kevalidan produk pengembangan diperoleh dari validasi ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain dengan skor sebesar 92,5, termasuk kategori sangat layak dan valid. Keefektifan diperoleh dari selisih nilai pretest-posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan analisis menggunakan uji t-test. Perhitungan t-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung > nilai t-tabel yakni 11,831 > 2,024, dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan e-modul berbasis kearifan lokal Banyuwangi terhadap hasil belajar. Uji keefektifan relatif menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan e-modul pengembangan lebih efektif dengan skor sebesar 89,9% termasuk kategori keefektifan sangat tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa menggunakan e-modul pengembangan. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa terhadap e-modul dengan skor sebesar 95,8 termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal Banyuwangi ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi siswa, e-modul ini dapat dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila; (2) bagi guru, e-modul ini dapat lebih dikembangkan lagi dengan menambahkan informasi lain dan memperhatikan koneksi internet; (3) bagi kepala sekolah, e-modul ini dapat digunakan sebagai contoh produk pengembangan dalam pembelajaran dengan memberikan pembinaan kepada guru; dan (4) bagi peneliti serta peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan inovasi untuk penelitian yang sejenis dengan variabel yang berbeda.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125238
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository