Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYANI, Tasya Septhia
dc.date.accessioned2025-02-07T08:35:13Z
dc.date.available2025-02-07T08:35:13Z
dc.date.issued2023-07-21
dc.identifier.nim190210204092en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125238
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKurikulum di Indonesia terus mengalami perubahan untuk mengikuti zaman dan perkembangan teknologi, salah satunya kurikulum merdeka. Bahan ajar yang digunakan dalam kurikulum ini masih terbatas dan bersifat umum. Saat ini, guru dituntut untuk mengembangkan bahan ajar yang bersifat digital pada abad 21, khususnya e-modul. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik yang dapat digunakan secara mandiri, dikemas secara menarik, dan interaktif. Pembelajaran yang efektif bagi siswa pada dasarnya dikaitkan dengan lingkungan sekitarnya, yakni kearifan lokal daerahnya. Kurangnya upaya pengaitan tersebut ke dalam materi pembelajaran, mengakibatkan siswa masih belum memahami secara mendalam kearifan lokal dan nilai dari budayanya sendiri. Kearifan lokal yang dikaitkan dalam pembelajaran memiliki tujuan, agar siswa mengenal, memahami, dan melestarikan nilai-nilai budayanya. Berdasarkan hal tersebut, maka dikembangkanlah e-modul Pendidikan Pancasila unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas IV SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimana proses pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD yang valid, efektif, dan praktis; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD. Tujuannya yaitu: (1) untuk mengetahui proses pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD yang valid, efektif, dan praktis; dan (2) untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan e-modul unit 3 KB 1 berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Tahapan dari penelitian ini yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) merencanakan dan mengembangkan produk; (3) mengembangkan desain produk awal; (4) melakukan validasi desain produk; (5) merevisi desain produk awal; (6) melakukan uji coba penggunaan; (7) merevisi desain produk; (8) melakukan uji coba keefektifan; (9) produk final dan produk massal; dan (10) desiminasi produk dan implementasi. Proses dari pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal ini hanya menggunakan 8 tahapan, karena sudah menjawab permasalahan penelitian. Hasil kevalidan produk pengembangan diperoleh dari validasi ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain dengan skor sebesar 92,5, termasuk kategori sangat layak dan valid. Keefektifan diperoleh dari selisih nilai pretest-posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan analisis menggunakan uji t-test. Perhitungan t-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung > nilai t-tabel yakni 11,831 > 2,024, dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan e-modul berbasis kearifan lokal Banyuwangi terhadap hasil belajar. Uji keefektifan relatif menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan e-modul pengembangan lebih efektif dengan skor sebesar 89,9% termasuk kategori keefektifan sangat tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa menggunakan e-modul pengembangan. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa terhadap e-modul dengan skor sebesar 95,8 termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal Banyuwangi ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi siswa, e-modul ini dapat dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila; (2) bagi guru, e-modul ini dapat lebih dikembangkan lagi dengan menambahkan informasi lain dan memperhatikan koneksi internet; (3) bagi kepala sekolah, e-modul ini dapat digunakan sebagai contoh produk pengembangan dalam pembelajaran dengan memberikan pembinaan kepada guru; dan (4) bagi peneliti serta peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan inovasi untuk penelitian yang sejenis dengan variabel yang berbeda.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. DPA: Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectModul Elektroniken_US
dc.subjectMateri Kearifan Lokal Banyuwangien_US
dc.titlePengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka Unit 3 KB 1 Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi untuk Siswa Kelas IV SDen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Februari_2025_6en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record