• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Disertai Couple Card Berbasis Etnomikologi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jamur Kelas X SMA

    Thumbnail
    View/Open
    RIZA SKRIPSI WATERMARK.pdf (933.3Kb)
    Date
    2023-07-14
    Author
    WIJAYANTI, Riza Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kriteria pembelajaran kurikulum 2013 adalah mendorong pengembangan 3 ranah hasil belajar siswa yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan fakta yang terjadi hasil belajar tergolong rendah dan belum memenuhi kompetensi minimal, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran masih banyak siswa yang pasif, yang menyebabkan siswa mudah merasa bosan. Pembelajaran pada materi jamur juga hanya dilakukan dengan pengamatan melalui gambar yang ada pada buku atau internet, siswa tidak diajak mengamati jamur secara langsung di alam dan guru kurang menunjukkan keterkaitan materi dengan kehidupan nyata, hal ini memungkinkan siswa akan menganggap bahwa materi tidak konkrit dan menyebabkan siswa tidak tertarik. Penerapan model dan media pembelajaran yang sesuai diperlukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, salah satunya model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi. Berdasarkan paparan di atas, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas X SMA dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar kognitif diperoleh dari pre-test dan post-test, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar hasil observasi. Langkah-langkah pembelajaran pada kelas eksperimen terdiri dari grouping planning, investigating, organizing, presenting, evaluating dan bermain Couple Card. Pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran discovery learning. Analisis data hasil belajar ranah kognitif menggunakan uji ANACOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau <0,05, sehingga model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif. Hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Analisis hasil belajar afektif diperoleh nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05, sehingga model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif siswa. Analisis hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh nilai signifikansi 0,002 atau < 0,05, sehingga model pembelajaran Group investigation disertai Couple card berbasis etnomikologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125180
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository