Show simple item record

dc.contributor.authorWIJAYANTI, Riza Eka
dc.date.accessioned2025-02-05T07:06:18Z
dc.date.available2025-02-05T07:06:18Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.nim180210103081en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125180
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 5 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSalah satu kriteria pembelajaran kurikulum 2013 adalah mendorong pengembangan 3 ranah hasil belajar siswa yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan fakta yang terjadi hasil belajar tergolong rendah dan belum memenuhi kompetensi minimal, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran masih banyak siswa yang pasif, yang menyebabkan siswa mudah merasa bosan. Pembelajaran pada materi jamur juga hanya dilakukan dengan pengamatan melalui gambar yang ada pada buku atau internet, siswa tidak diajak mengamati jamur secara langsung di alam dan guru kurang menunjukkan keterkaitan materi dengan kehidupan nyata, hal ini memungkinkan siswa akan menganggap bahwa materi tidak konkrit dan menyebabkan siswa tidak tertarik. Penerapan model dan media pembelajaran yang sesuai diperlukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, salah satunya model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi. Berdasarkan paparan di atas, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas X SMA dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar kognitif diperoleh dari pre-test dan post-test, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar hasil observasi. Langkah-langkah pembelajaran pada kelas eksperimen terdiri dari grouping planning, investigating, organizing, presenting, evaluating dan bermain Couple Card. Pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran discovery learning. Analisis data hasil belajar ranah kognitif menggunakan uji ANACOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau <0,05, sehingga model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif. Hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Analisis hasil belajar afektif diperoleh nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05, sehingga model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif siswa. Analisis hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh nilai signifikansi 0,002 atau < 0,05, sehingga model pembelajaran Group investigation disertai Couple card berbasis etnomikologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation disertai Couple Card berbasis etnomikologi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P. Dosen Pembimbing Anggota Dra. Pujiastuti, M.sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Group Investigation Disertai Couple Carden_US
dc.subjectEtnomikologien_US
dc.subjectBahasan Jamuren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Disertai Couple Card Berbasis Etnomikologi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jamur Kelas X SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Pujiastuti, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Februari,2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record