• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Program Pelatihan pada Kinerja Guru di RA Perwanida Bendosewu Kabupaten Blitar

    Thumbnail
    View/Open
    NAFI'ATUL RIZQI FADHILLAH (170210205013).pdf (2.771Mb)
    Date
    2023-04-03
    Author
    FADHILLAH, Nafi'atul Rizqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap guru perlu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalannya sebagai seorang guru dan kompetensi yang dimiliki. Berkaitan dengan kompetensi guru kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam bidang tertentu sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, tujuan dari kegiatan pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan pada bulan November 2021 sampai Februari 2022 di RA Perwanida Kabupaten Blitar. guru di sana juga sering mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan yang biasanya diadakan oleh IGRA.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripti kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran program pelatihan yang diikuti oleh guru-guru RA Perwanida Bendosewu hanya sebagai bentuk partisipasi lembaga sebagai anggota dari IGRA selain itu juga sebagai pemenuhan persyaratan dalam akreditasi. Manajemen program pelatihan di RA Perwanida Bendosewu dilaksanakan tanpa analisis kebutuhan, melainkan menyesuaikan dengan tawaran program-program pelatihan dari IGRA atau pihak lainnya. Untuk itu saran yang diberikan hendaknya kepala sekolah mengadakan/membuat perencanaan secara khusus terkait program pelatihan dimana dalam perencanaan tersebut dilakukan analisis terkait kebutuhan guru, hendaknya pada saat pendelegasian/ penunjukkan guru untuk mengikuti program pelatihan dilakukan secara bergilir, sehingga kesempatan guru dalam mengikuti program pelatihan dapat merata, kepala sekolah hendaknya memberikan evaluasi dan program tindak lanjut sehingga hasil pelatihan benar-benar diterapkan dan ditularkan kepada guru lainnya, dan guru hendaknya menerapkan hasil yang didapatkan dari pelatihan dalam pelaksanaan pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125163
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15482]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository