Show simple item record

dc.contributor.authorFADHILLAH, Nafi'atul Rizqi
dc.date.accessioned2025-02-04T07:58:55Z
dc.date.available2025-02-04T07:58:55Z
dc.date.issued2023-04-03
dc.identifier.nim170210205013en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125163
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 4 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractSetiap guru perlu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalannya sebagai seorang guru dan kompetensi yang dimiliki. Berkaitan dengan kompetensi guru kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam bidang tertentu sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, tujuan dari kegiatan pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan pada bulan November 2021 sampai Februari 2022 di RA Perwanida Kabupaten Blitar. guru di sana juga sering mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan yang biasanya diadakan oleh IGRA.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripti kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran program pelatihan yang diikuti oleh guru-guru RA Perwanida Bendosewu hanya sebagai bentuk partisipasi lembaga sebagai anggota dari IGRA selain itu juga sebagai pemenuhan persyaratan dalam akreditasi. Manajemen program pelatihan di RA Perwanida Bendosewu dilaksanakan tanpa analisis kebutuhan, melainkan menyesuaikan dengan tawaran program-program pelatihan dari IGRA atau pihak lainnya. Untuk itu saran yang diberikan hendaknya kepala sekolah mengadakan/membuat perencanaan secara khusus terkait program pelatihan dimana dalam perencanaan tersebut dilakukan analisis terkait kebutuhan guru, hendaknya pada saat pendelegasian/ penunjukkan guru untuk mengikuti program pelatihan dilakukan secara bergilir, sehingga kesempatan guru dalam mengikuti program pelatihan dapat merata, kepala sekolah hendaknya memberikan evaluasi dan program tindak lanjut sehingga hasil pelatihan benar-benar diterapkan dan ditularkan kepada guru lainnya, dan guru hendaknya menerapkan hasil yang didapatkan dari pelatihan dalam pelaksanaan pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipSenny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROGRAM PELATIHANen_US
dc.subjectKINERJA GURUen_US
dc.titlePeran Program Pelatihan pada Kinerja Guru di RA Perwanida Bendosewu Kabupaten Blitaren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record