Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen CV. Karunia Sejahtera Motor Balung
Abstract
CV Karunia Sejahtera Motor adalah entitas bisnis yang bergerak di sektor
industri otomotif. Perusahaan ini menyadari pentingnya hubungan personal antara
tenaga penjual dan konsumen, serta menyediakan akses mudah untuk solusi yang
disesuaikan guna memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia
dari berbagai latar belakang dan kelompok usia. CV Karunia Sejahtera Motor
menawarkan beragam produk dan layanan yang dapat diakses oleh seluruh
konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen CV Karunia Sejahtera
Motor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya, yaitu explanatory, di mana data
sampel dianalisis menggunakan statistik dan hasilnya akan digeneralisasi ke
populasi tempat sampel diambil. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
CV Karunia Sejahtera Motor yang melakukan pembelian, dengan sampel
sebanyak 70 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear
sederhana karena peneliti hanya menggunakan satu variabel independen dan satu
variabel dependen.
Hasil dari analisis regresi linear sederhana menghasilkan persamaan Y =
9,137 + 0,591 X. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif personal
selling terhadap keputusan pembelian konsumen, yang berarti jika kegiatan
personal selling meningkat, maka nilai keputusan pembelian akan meningkat
sebesar 0,591.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa personal selling memiliki
pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen CV Karunia Sejahtera
Motor. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung > t-tabel, di mana 5,928 > 1,995,
sehingga hasil uji t menunjukkan bahwa H1 diterima. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa dengan meningkatkan kegiatan personal selling, keputusan
pembelian konsumen juga akan meningkat. Pengaruh personal selling terhadap
keputusan pembelian konsumen CV Karunia Sejahtera Motor Balung sebesar
34,1%, sedangkan 65,9% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.