Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik (Studi pada Griya Batik Notonegoro Jember)
Abstract
Variasi produk dan kualitas produk menjadi faktor penting terhadap
keputusan pembelian. Keputusan pembelian menjadi salah satu perilaku konsumen
yang berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian. Dalam keputusan yang diambil
konsumen untuk dapat melakukan pembelian suatu produk perlu melalui tahapantahapan yang dilalui konsumen sebelum melakukan pembelian yang meliputi
kebutuhan yang dirasakan, kebutuhan sebelum membeli, perilaku waktu memakai
dan perasaan setelah membeli. Variasi produk menjadi unit tersendiri dalam suatu
merek atau lini produk yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, harga,
penampilan, atau ciri lain. Dengan semakin beragamnya jumlah dan jenis produk
yang ditawarkan maka menciptakan rasa puas dan mendorong untuk melakukan
keputusan pembelian. Dalam mengembangkan kualitas produk yang berdampak
pada keputusan pembelian. Perusahaan perlu meningkatkan inovasi dalam
mengembangkan produk yang ditawarkan serta terus memperbarui teknologi yang
digunakan oleh perusahaan. Seperti halnya Griya Batik Notonegoro sebagai salah
satu industri batik yang ada di Jember dalam meningkatan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi
produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembeilan pada produk batik.
Sample penelitian yang digunakan sebanyak 120 responden dari konsumen Griya
Batik Notonegoro dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan
sampel dengan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi produk dan kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk batik Griya Batik Notonegoro.
Pada hasil uji F (simultan), variasi produk dan kualitas produk signifikan terhadap
keputusan pembelian Griya Batik Notonegoro Jember
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Atribut Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Pewangi Stella di Wilayah Sumbersari Kabupaten Jember
Putra, Adi Setia (2015-12-01)Penelitian ini berjudul “Pengaruh Atribut Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Pewangi Stella di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan menganalisis ... -
PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK PADA RESTORAN KENTUCKY FRIED CHICKEN JEMBER
ANNISA NURUL JANNAH (2014-03-04)Perkembangan di dunia usaha di berbagai bidang semakin berkembang pesat, menyebabkan terjadinya suatu paradigma pemasaran. Perubahan paradigma pemasaran lebih banyak didorong oleh oleh perubahan situasi dan kondisi masyarakat. ... -
Pengaruh Kualitas Produk, Keberagaman Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang Produk Es Krim Aice (Studi pada Konsumen Kalangan Mahasiswa di Kabupaten Jember)
Dewi, Agnisia Eka Permata (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2020, 2020-11-03)Industri es krim di indonesia terbilang cukup menarik. Tingkat konsumsi per kapita yang masih rendah serta demografi penduduk Indonesia membuat potensi industri ini semakin besar. Beberapa hal yang menjadikan Indonesia ...