• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Children Learning In Scence (CLIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Antirogo 04 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    repository Irfan Ghofur.pdf (2.917Mb)
    Date
    2024-07-21
    Author
    GOFUR, Irfan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Komunikasi sangat diperlukan oleh siswa untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran dalam diri serta mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar melalui penerapan model Children Learning In Science (CLIS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengukur keterampilan komunikasi siswa. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang dilakukan setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penetilian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa meningkat sebesar 18,38 menjadi 55,35 dengan kriteria cukup. Pada siklus II kembali terjadi peningkatan sebesar 20,05% menjadi 75,4 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada masing-masing siklus mengalami peningkatan yang cukup sigifikan. Sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar siswa klasikal pada penilaian tema 5 ekosistem sebesar 26,14 dengan kriteria kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa klasikal meningkat menjadi 58 dengan kriteria cukup. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I meningkatkan hasil belajar siswa klasikal sebesar 31,85. Hasil belajar siswa klasikal kembali mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II menjadi 76,14. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124918
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15487]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository