Penerapan Model Children Learning In Scence (CLIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Antirogo 04 Jember
Abstract
Komunikasi sangat diperlukan oleh siswa untuk mengungkapkan perasaan
dan pikiran dalam diri serta mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar melalui
penerapan model Children Learning In Science (CLIS). Metode penelitian yang
digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi
yang dilakukan bertujuan untuk mengukur keterampilan komunikasi siswa. Hasil
belajar siswa diperoleh melalui tes yang dilakukan setelah dilaksanakan tindakan.
Hasil penetilian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa meningkat
sebesar 18,38 menjadi 55,35 dengan kriteria cukup. Pada siklus II kembali terjadi
peningkatan sebesar 20,05% menjadi 75,4 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa
pada masing-masing siklus mengalami peningkatan yang cukup sigifikan. Sebelum
dilakukan tindakan, hasil belajar siswa klasikal pada penilaian tema 5 ekosistem
sebesar 26,14 dengan kriteria kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I,
hasil belajar siswa klasikal meningkat menjadi 58 dengan kriteria cukup. Hal ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I meningkatkan hasil belajar siswa klasikal
sebesar 31,85. Hasil belajar siswa klasikal kembali mengalami peningkatan pada
pelaksanaan siklus II menjadi 76,14. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan
model Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan keterampilan
komunikasi dan hasil belajar siswa