Show simple item record

dc.contributor.authorGOFUR, Irfan
dc.date.accessioned2025-01-16T07:33:45Z
dc.date.available2025-01-16T07:33:45Z
dc.date.issued2024-07-21
dc.identifier.nim170210204141en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124918
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKomunikasi sangat diperlukan oleh siswa untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran dalam diri serta mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar melalui penerapan model Children Learning In Science (CLIS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengukur keterampilan komunikasi siswa. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang dilakukan setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penetilian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa meningkat sebesar 18,38 menjadi 55,35 dengan kriteria cukup. Pada siklus II kembali terjadi peningkatan sebesar 20,05% menjadi 75,4 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada masing-masing siklus mengalami peningkatan yang cukup sigifikan. Sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar siswa klasikal pada penilaian tema 5 ekosistem sebesar 26,14 dengan kriteria kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa klasikal meningkat menjadi 58 dengan kriteria cukup. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I meningkatkan hasil belajar siswa klasikal sebesar 31,85. Hasil belajar siswa klasikal kembali mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II menjadi 76,14. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswaen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Agustiningsih, S. Pd., M. Pd. Pembimbing Anggota Kendid Mahmudi, S. Pd., M. PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPenerapan Model Children Learning In Science (CLIS)en_US
dc.subjectKeterampilan Komunikasien_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Children Learning In Scence (CLIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Antirogo 04 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S. Pd., M. PFis.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 18 Desember 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record