Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Quizwhizzer untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di SMP
Abstract
Pembelajaran abad 21 menganjurkan siswa agar mampu membangun
keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan
untuk meningkatkan cara berpikir siswa dalam menelaah, mengevaluasi, serta
menumbuhkan gagasan yang ada dalam pikirannya untuk menyelesaikan suatu
permasalahan. Faktanya, tingkatan keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia
berdasarkan hasil studi PISA (The Programme for International Student
Assessment) masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru terbiasa
memberikan soal level rendah yang berakitan dengan hafalan dan kurang
mencermati aspek berpikir kritis siswa sehingga soal yang diberikan belum bisa
melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan
pengembangan instrumen penilaian yang mampu mengukur keterampilan berpikir
kritis agar siswa mampu menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupan seharihari. Keterampilan berpikir kritis sangat berguna untuk mempersiapkan siswa agar
berhasil dalam kehidupan. Melalui keterampilan berpikir kritis, siswa akan menjadi
terbiasa dalam merumuskan serta menyelesaikan masalah secara mandiri.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui validitas, yang
terdiri dari validitas ahli, validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda, taraf
kesukaran, dan kepraktisan dari instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer untuk
mengukur keterampilan berpikir kritis. Desain pengembangan yang digunakan
yaitu model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analyze, design, develop,
implement, dan evaluate. Uji coba produk dengan subjek berjumlah 100 siswa kelas
VIII D, E, F, dan G di SMP Negeri 7 Jember. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu validitas dengan menggunakan lembar validasi untuk
mengukur kevalidan instrumen oleh 3 validator dan kepraktisan dengan
menggunakan lembar keterlaksanaan observer yang diisi oleh 3 observer.
Hasil validasi ahli yang dilakukan oleh tiga validator memperoleh hasil
sebesar 68% yang masuk ke dalam kategori valid. Hasil validasi butir soal diperoleh
24 butir soal dengan kriteria valid. hasil uji reliabilitas diperoleh 0,95 yang
termasuk reliabel dengan tingkatan sangat tinggi. Hasil uji daya pembeda diperoleh
15 butir soal dengan kriteria baik sekali, 5 butir soal dengan kriteria baik, dan 4
butir soal dengan kriteria cukup baik. Hasil uji taraf kesukaran memperoleh 5 butir
soal mudah, 17 butir soal sedang, dan 2 butir soal sukar. Hasil uji kepraktisan
instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer untuk mengukur keterampilan berpikir
kritis pada pembelajaran IPA di SMP diperoleh hasil sebesar 91% dengan kriteria
sangat praktis.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh selama penelitian dapat disimpulkan
instrumen penelitian berbantuan quizwhizzer yang bertujuan untuk mengukur
keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil dengan kriteria valid, reliabel,
dan praktis. Dengan demikian, produk instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer
yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses evaluasi untuk mengukur
keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di SMP khususnya materi
sistem pernapasan.