Analisis Manajemen Strategi menggunakan Metode Pendekatan Strength Weakness Opportunity Threat and Business Model Canvas (Studi pada PT.Blojek Karya Indonesia)
Abstract
Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan perkembangan teknologi
yang pesat, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi manajemen yang
inovatif dan efektif. PT. Blojek Karya Indonesia yang bergerak di bisnis jasa
transportasi online di Kabupaten Trenggalek harus menghadapi tantangan
kompetitor besar seperti GRAB, GOJEK dan MAXIM. Tentunya hal ini
memberikan dampak dan tantangan tersendiri terhadap perusahaan dalam
menerapkan manajemen strategi guna mampu bersaing dengan perusahaan
kompetitor yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dari fenomena yang
terjadi di kabupaten Trenggalek terkait perkembangan layanan jasa transportasi
online yang mulai masuk dengan berbagai keunggulan yang diberikan oleh
masing-masing perusahaan jasa layanan tersebut berdampak pada persaingan yang
ketat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan
menganalisis strategi bisnis yang diterapkan oleh PT. Blojek Karya Indonesia
untuk menghadapi persaingan bisnis
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan
BMC dan SWOT. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung,
dokumentasi dan kuesioner untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai
strategi bisnis yang diterapkan PT. Blok Karya Indonesia. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa PT. Blojek Karya Indonesia perlu mengembangkan proses
bisnisnya lebih serius untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Berdasarkan analisis
SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS, situasi bisnis PT. Blojek
Karya Indonesia berada pada kuadran pertama yang menunjukkan bahwa
perusahaan berada dalam situasi maju dengan kekuatan dan peluang yang
signifikan. Strategi yang disarankan dikategorikan ke dalam strategi S-O
(Strengths-Opportunities), W-O (Weaknesses-Opportunities), S-T (StrengthsThreats) dan W-T (Weaknesses-Threats), memberikan pilihan berbeda bagi perusahaan untuk memilih dan menerapkan strategi yang paling sesuai dengan
kebutuhan mereka. PT. Blojek Karya Indonesia mempunyai peluang besar untuk
berkembang dengan menerapkan strategi yang tepat. Pendekatan BMC dan
analisis SWOT dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan memanfaatkan
kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman dalam persaingan
bisnis. Jadi, PT. Blojek Karya Indonesia dapat meningkatkan daya saing dan
pertumbuhannya di pasar layanan transportasi online.