• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Manajemen Strategi menggunakan Metode Pendekatan Strength Weakness Opportunity Threat and Business Model Canvas (Studi pada PT.Blojek Karya Indonesia)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI FINAL FAUZAN_WATERMARK.pdf (1.994Mb)
    Date
    2024-08-07
    Author
    WIBOWO, Fauzan Setyawan Pandu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan perkembangan teknologi yang pesat, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi manajemen yang inovatif dan efektif. PT. Blojek Karya Indonesia yang bergerak di bisnis jasa transportasi online di Kabupaten Trenggalek harus menghadapi tantangan kompetitor besar seperti GRAB, GOJEK dan MAXIM. Tentunya hal ini memberikan dampak dan tantangan tersendiri terhadap perusahaan dalam menerapkan manajemen strategi guna mampu bersaing dengan perusahaan kompetitor yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dari fenomena yang terjadi di kabupaten Trenggalek terkait perkembangan layanan jasa transportasi online yang mulai masuk dengan berbagai keunggulan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan jasa layanan tersebut berdampak pada persaingan yang ketat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis strategi bisnis yang diterapkan oleh PT. Blojek Karya Indonesia untuk menghadapi persaingan bisnis Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan BMC dan SWOT. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung, dokumentasi dan kuesioner untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai strategi bisnis yang diterapkan PT. Blok Karya Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Blojek Karya Indonesia perlu mengembangkan proses bisnisnya lebih serius untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Berdasarkan analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS, situasi bisnis PT. Blojek Karya Indonesia berada pada kuadran pertama yang menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam situasi maju dengan kekuatan dan peluang yang signifikan. Strategi yang disarankan dikategorikan ke dalam strategi S-O (Strengths-Opportunities), W-O (Weaknesses-Opportunities), S-T (StrengthsThreats) dan W-T (Weaknesses-Threats), memberikan pilihan berbeda bagi perusahaan untuk memilih dan menerapkan strategi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. PT. Blojek Karya Indonesia mempunyai peluang besar untuk berkembang dengan menerapkan strategi yang tepat. Pendekatan BMC dan analisis SWOT dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman dalam persaingan bisnis. Jadi, PT. Blojek Karya Indonesia dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhannya di pasar layanan transportasi online.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124908
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5741]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository