Show simple item record

dc.contributor.authorWIBOWO, Fauzan Setyawan Pandu
dc.date.accessioned2025-01-16T04:54:22Z
dc.date.available2025-01-16T04:54:22Z
dc.date.issued2024-08-07
dc.identifier.nim200910202082en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124908
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractDi era persaingan bisnis yang semakin ketat dan perkembangan teknologi yang pesat, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi manajemen yang inovatif dan efektif. PT. Blojek Karya Indonesia yang bergerak di bisnis jasa transportasi online di Kabupaten Trenggalek harus menghadapi tantangan kompetitor besar seperti GRAB, GOJEK dan MAXIM. Tentunya hal ini memberikan dampak dan tantangan tersendiri terhadap perusahaan dalam menerapkan manajemen strategi guna mampu bersaing dengan perusahaan kompetitor yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dari fenomena yang terjadi di kabupaten Trenggalek terkait perkembangan layanan jasa transportasi online yang mulai masuk dengan berbagai keunggulan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan jasa layanan tersebut berdampak pada persaingan yang ketat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis strategi bisnis yang diterapkan oleh PT. Blojek Karya Indonesia untuk menghadapi persaingan bisnis Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan BMC dan SWOT. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung, dokumentasi dan kuesioner untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai strategi bisnis yang diterapkan PT. Blok Karya Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Blojek Karya Indonesia perlu mengembangkan proses bisnisnya lebih serius untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Berdasarkan analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS, situasi bisnis PT. Blojek Karya Indonesia berada pada kuadran pertama yang menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam situasi maju dengan kekuatan dan peluang yang signifikan. Strategi yang disarankan dikategorikan ke dalam strategi S-O (Strengths-Opportunities), W-O (Weaknesses-Opportunities), S-T (StrengthsThreats) dan W-T (Weaknesses-Threats), memberikan pilihan berbeda bagi perusahaan untuk memilih dan menerapkan strategi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. PT. Blojek Karya Indonesia mempunyai peluang besar untuk berkembang dengan menerapkan strategi yang tepat. Pendekatan BMC dan analisis SWOT dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman dalam persaingan bisnis. Jadi, PT. Blojek Karya Indonesia dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhannya di pasar layanan transportasi online.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Wheny Khristianto, S.Sos., M.AB. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Hari Karyadi SE., M.SA., Ak., QWP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectAnalisis Manajemen Strategien_US
dc.subjectMetode Pendekatan BMCen_US
dc.subjectPT. Blojek Karya Indonesiaen_US
dc.titleAnalisis Manajemen Strategi menggunakan Metode Pendekatan Strength Weakness Opportunity Threat and Business Model Canvas (Studi pada PT.Blojek Karya Indonesia)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Bisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Wheny Khristianto, S.sos., M.ABen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Hari Karyadi SE., M.SA., Ak., QWP.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 November 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record