Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Cosmetics (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember)
Abstract
Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan
lingkungan mendorong perubahan mereka dalam berperilaku, salah satunya dalam
hal konsumsi. Konsumen menjadi semakin bijak dan berhati-hati dalam
memutuskan pembelian produk yang akan dikonsumsi. Saat ini, konsumen mulai
beralih untuk mengonsumsi produk ramah lingkungan yang terbukti aman dan tidak
berdampak buruk bagi lingkungan. Perubahan perilaku konsumen tersebut turut
mendorong kesadaran pihak perusahaan untuk mulai memperhatikan dampak
lingkungan dari aktivitas bisnisnya. Beberapa perusahaan mulai menerapkan
strategi green marketing mix sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan
sekaligus untuk menarik perhatian konsumen.
PT Paragon Technology and Innovation merupakan perusahaan di sektor
industri kosmetik yang menerapkan green marketing mix terhadap brand
kosmetiknya yakni Wardah Cosmetics. Akan tetapi, meski telah menerapkan green
marketing mix, Wardah Cosmetics belum dapat menduduki peringkat 3 besar
sebagai brand skincare terlaris di E-Commerce. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh green marketing mix
terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Wardah Cosmetics.
Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember angkatan 2019 – 2022 yang
menggunakan produk Wardah Cosmetics berjumlah 42 orang. Pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan alat hitung IBM
SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk
Wardah Cosmetics. Pengaruh tersebut sebesar 63,8% sedangkan sisanya sebanyak
36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.