• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Ekoliterasi Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Pembelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Tiara Pratjna 200210104077.pdf (3.431Mb)
    Date
    2024-07-16
    Author
    PARAMITHA, Tiara Pratjna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPA merupakan ilmu yang memiliki tujuan mencerdaskan siswa dan memberi pemahaman tentang alam seisinya dengan menjadikan lingkungan sekitar untuk melakukan proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menerapkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Aspek tersebut dapat ditemukan pada ekoliterasi yang mana dapat dilakukan pada proses pembelajaran. Ekoliterasi adalah suatu proses peningkatan kemampuan yang ada pada diri seseorang atas pentingnya memahami penerapan prinsip-prinsip ekologi yang berguna untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penelitian terdahulu, ekoliterasi siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh minimnya kesadaran lingkungan karena belum tersedianya pembelajaran yang menghubungan dan memfasilitasi siswa dengan kemampuan ekoliterasi. Pada dasarnya, ekoliterasi berkaitan dengan kesadaran menjaga lingkungan sekitar serta mengurangi permasalahan lingkungan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Pembelajaran Problem Solving atau pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan ekoliterasi siswa karena mampu menjadikan siswa lebih aktif dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengkaji ekoliterasi siswa SMP melalui model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124820
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository