Show simple item record

dc.contributor.authorPARAMITHA, Tiara Pratjna
dc.date.accessioned2025-01-14T06:23:27Z
dc.date.available2025-01-14T06:23:27Z
dc.date.issued2024-07-16
dc.identifier.nim200210104077en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124820
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractIPA merupakan ilmu yang memiliki tujuan mencerdaskan siswa dan memberi pemahaman tentang alam seisinya dengan menjadikan lingkungan sekitar untuk melakukan proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menerapkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Aspek tersebut dapat ditemukan pada ekoliterasi yang mana dapat dilakukan pada proses pembelajaran. Ekoliterasi adalah suatu proses peningkatan kemampuan yang ada pada diri seseorang atas pentingnya memahami penerapan prinsip-prinsip ekologi yang berguna untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penelitian terdahulu, ekoliterasi siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh minimnya kesadaran lingkungan karena belum tersedianya pembelajaran yang menghubungan dan memfasilitasi siswa dengan kemampuan ekoliterasi. Pada dasarnya, ekoliterasi berkaitan dengan kesadaran menjaga lingkungan sekitar serta mengurangi permasalahan lingkungan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Pembelajaran Problem Solving atau pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan ekoliterasi siswa karena mampu menjadikan siswa lebih aktif dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengkaji ekoliterasi siswa SMP melalui model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr.Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. DPA: Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAnalisis Ekoliterasi Siswaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Solvingen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titleAnalisis Ekoliterasi Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Pembelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkunganen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record