dc.contributor.author | PARAMITHA, Tiara Pratjna | |
dc.date.accessioned | 2025-01-14T06:23:27Z | |
dc.date.available | 2025-01-14T06:23:27Z | |
dc.date.issued | 2024-07-16 | |
dc.identifier.nim | 200210104077 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124820 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 14 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | IPA merupakan ilmu yang memiliki tujuan mencerdaskan siswa dan
memberi pemahaman tentang alam seisinya dengan menjadikan lingkungan sekitar
untuk melakukan proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah
pembelajaran yang menerapkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Aspek
tersebut dapat ditemukan pada ekoliterasi yang mana dapat dilakukan pada proses
pembelajaran. Ekoliterasi adalah suatu proses peningkatan kemampuan yang ada
pada diri seseorang atas pentingnya memahami penerapan prinsip-prinsip ekologi
yang berguna untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penelitian terdahulu, ekoliterasi siswa
masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh minimnya kesadaran lingkungan
karena belum tersedianya pembelajaran yang menghubungan dan memfasilitasi
siswa dengan kemampuan ekoliterasi. Pada dasarnya, ekoliterasi berkaitan dengan
kesadaran menjaga lingkungan sekitar serta mengurangi permasalahan lingkungan.
Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran
yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Pembelajaran
Problem Solving atau pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif untuk
meningkatkan ekoliterasi siswa karena mampu menjadikan siswa lebih aktif dalam
memecahkan suatu permasalahan yang diberikan ketika pembelajaran berlangsung.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengkaji ekoliterasi siswa SMP melalui model
pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pencemaran
lingkungan. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr.Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.
DPA: Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Analisis Ekoliterasi Siswa | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Problem Solving | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
dc.title | Analisis Ekoliterasi Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Pembelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Oktober_2024 | en_US |