Visualisasi Analisis Hubungan Kemampuan Computational Thinking dengan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pearson Correlation
Abstract
Perkembangan teknologi memacu terjadinya perubahan dalam segala aspek
kehidupan terutama pendidikan. Kebutuhan pendidikan pun sudah mengalami
banyak perubahan karena banyaknya kemampuan manusia yang sudah dapat
digantikan oleh teknologi. Maka dari itu, generasi penerus sangat membutuhkan
kemampuan problem solving untuk dapat bertahan pada era perkembangan
teknologi ini. Salah satu kemampuan problem solving yang berkaitan dengan
teknologi yaitu kemampuan Computational Thinking. Kemampuan ini belum
banyak diterapkan karena minimnya pengetahuan tentang Computational Thinking.
Namun nyatanya kemampuan Computational Thinking dapat dikembangkan
melalui bidang keilmuan lainnya. Salah satunya bidang Numerasi.
Dalam penelitian ini dilakukan tes kuantitatif deskriptif untuk mendapatkan
skor penilaian sebelum dan sesudah pelatihan Numerasi untuk mengetahui apakah
bidang Numerasi yang diujikan (terdiri dari 2 topik yaitu Pemecahan Masalah dan
Optimasi) berpengaruh pada peningkatan kemampuan Computational Thinking
yang sesuai dengan topiknya. Penelitian ini menggunakan analisis visualisasi
dengan bahasa Python dan metode Pearson Correlation yang didukung juga
dengan visualisasi sebaran menggunakan bahasa Python.
Hasil dari penelitian ini didapat bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang
kuat baik dalam topik Pemecahan Masalah maupun Optimasi. Memiliki
pemahaman Numerasi yang baik berpengaruh dalam peningkatan pemahaman
Computational Thinking yang lebih pesat. Selain itu, pengembangan pemahaman
numerasi yang meningkat pada siswa Sekolah Dasar juga akan berpengaruh pada
peningkatan pemahaman Computational Thinking.