• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancang Bangun Buck-Boost Converter Berbasis PID untuk Pengisian Baterai pada Sistem Pengereman Regeneratif Motor BLDC

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_201910201094_Muhammad Noval Firmansyah.pdf (1.212Mb)
    Date
    2024-07-18
    Author
    FIRMANSYAH, Muhammad Noval
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin berkembangnya kehidupan manusia maka penggunaan energi di kehidupan manusia akan semakin banyak, membuat manusia melakukan berbagai macam cara untuk melakukan penghematan energi tersebut, salah satunya adalah mulai mengganti penggunaan kendaraan bensin menjadi kendaraan listrik. Penghematan energi tersebut berdasar pada LCGC dan zero emission. Dari hal tersebut kemudian menjadi sebuah penelitian sistem pengereman regeneratif menggunakan Buck-Boost Converter dengan kontrol PID. Pengujian ini dilakukan sebanyak 2 kali pengujian yaitu pengujian dengan kontrol PID dan pengujian tanpa kontrol PID. Motor yang digunakan pada pengujian ini adalah motor BLDC dengan spesifikasi baterai 12 V/12 Ah dimana batas tegangan untuk pengisian baterai adalah 14,7 Volt. Hasil dari penelitian ini adalah pada pengujian tanpa kontrol dilakukan 4 kali pengujian yaitu pengujian dengan nilai duty-cycle 30%, 40%, 50% dan 60%, dimana hasil dari penelitiannya, ketika duty-cycle 30% RPM yang dihasilkan pada pengujian ini adalah 199 sampai dengan 216,7 dengan rata-rata waktu bergeraknya 9 detik, dengan tegangan output pada rentang 9 sampai dengan 11 Volt sehingga pada pengujian ini dapat digunakan untuk pengisian baterai. Pengujian selanjutnya ketika nilai duty-cycle 40% rata-rata waktu RPM yang dihasilkan pada pengujian ini adalah 221 sampai dengan 228 dengan rata-rata waktu bergeraknya 11 detik, dengan tegangan output pada rentang 12 sampai dengan 13 Volt sehingga pada pengujian ini dapat digunakan untuk pengisian baterai. Pada pengujian duty-cycle 50% dan 60% tidak dapat digunakan untuk pengisian baterai karena nilai tegangan outputnya lebih dari batas maksimal pengisian baterai. Pengujian selanjutnya dengan kontrol PID, untuk mencari nilai parameternya penelitian ini menggunakan metode Trial and Error, dimana didapatkan nilai parameter terbaiknya Kp sebesar 2, Ki 0,4 dan Kd 20. Untuk hasil pengujiannya pada duty-cycle 60% masih belum bisa digunakan untuk pengisian baterai karena nilai tegangan keluarannya sebesar 14,94 Volt.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124772
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository