Show simple item record

dc.contributor.authorFIRMANSYAH, Muhammad Noval
dc.date.accessioned2025-01-14T03:03:22Z
dc.date.available2025-01-14T03:03:22Z
dc.date.issued2024-07-18
dc.identifier.nim201910201094en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124772
dc.description.abstractSemakin berkembangnya kehidupan manusia maka penggunaan energi di kehidupan manusia akan semakin banyak, membuat manusia melakukan berbagai macam cara untuk melakukan penghematan energi tersebut, salah satunya adalah mulai mengganti penggunaan kendaraan bensin menjadi kendaraan listrik. Penghematan energi tersebut berdasar pada LCGC dan zero emission. Dari hal tersebut kemudian menjadi sebuah penelitian sistem pengereman regeneratif menggunakan Buck-Boost Converter dengan kontrol PID. Pengujian ini dilakukan sebanyak 2 kali pengujian yaitu pengujian dengan kontrol PID dan pengujian tanpa kontrol PID. Motor yang digunakan pada pengujian ini adalah motor BLDC dengan spesifikasi baterai 12 V/12 Ah dimana batas tegangan untuk pengisian baterai adalah 14,7 Volt. Hasil dari penelitian ini adalah pada pengujian tanpa kontrol dilakukan 4 kali pengujian yaitu pengujian dengan nilai duty-cycle 30%, 40%, 50% dan 60%, dimana hasil dari penelitiannya, ketika duty-cycle 30% RPM yang dihasilkan pada pengujian ini adalah 199 sampai dengan 216,7 dengan rata-rata waktu bergeraknya 9 detik, dengan tegangan output pada rentang 9 sampai dengan 11 Volt sehingga pada pengujian ini dapat digunakan untuk pengisian baterai. Pengujian selanjutnya ketika nilai duty-cycle 40% rata-rata waktu RPM yang dihasilkan pada pengujian ini adalah 221 sampai dengan 228 dengan rata-rata waktu bergeraknya 11 detik, dengan tegangan output pada rentang 12 sampai dengan 13 Volt sehingga pada pengujian ini dapat digunakan untuk pengisian baterai. Pada pengujian duty-cycle 50% dan 60% tidak dapat digunakan untuk pengisian baterai karena nilai tegangan outputnya lebih dari batas maksimal pengisian baterai. Pengujian selanjutnya dengan kontrol PID, untuk mencari nilai parameternya penelitian ini menggunakan metode Trial and Error, dimana didapatkan nilai parameter terbaiknya Kp sebesar 2, Ki 0,4 dan Kd 20. Untuk hasil pengujiannya pada duty-cycle 60% masih belum bisa digunakan untuk pengisian baterai karena nilai tegangan keluarannya sebesar 14,94 Volt.en_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectPengereman Regeneratifen_US
dc.subjectBateraien_US
dc.subjectMotor BLDCen_US
dc.subjectBuck-Boost Converteren_US
dc.subjectKontrol PIDen_US
dc.titleRancang Bangun Buck-Boost Converter Berbasis PID untuk Pengisian Baterai pada Sistem Pengereman Regeneratif Motor BLDCen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Elektroen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Ir.Triwahju Hardianto, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir.H.R.B.Moch Gozali, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_01_tanggal 14en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record