dc.contributor.author | FIRMANSYAH, Muhammad Noval | |
dc.date.accessioned | 2025-01-14T03:03:22Z | |
dc.date.available | 2025-01-14T03:03:22Z | |
dc.date.issued | 2024-07-18 | |
dc.identifier.nim | 201910201094 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124772 | |
dc.description.abstract | Semakin berkembangnya kehidupan manusia maka penggunaan energi di
kehidupan manusia akan semakin banyak, membuat manusia melakukan berbagai
macam cara untuk melakukan penghematan energi tersebut, salah satunya adalah
mulai mengganti penggunaan kendaraan bensin menjadi kendaraan listrik.
Penghematan energi tersebut berdasar pada LCGC dan zero emission. Dari hal
tersebut kemudian menjadi sebuah penelitian sistem pengereman regeneratif
menggunakan Buck-Boost Converter dengan kontrol PID. Pengujian ini dilakukan
sebanyak 2 kali pengujian yaitu pengujian dengan kontrol PID dan pengujian tanpa
kontrol PID. Motor yang digunakan pada pengujian ini adalah motor BLDC dengan
spesifikasi baterai 12 V/12 Ah dimana batas tegangan untuk pengisian baterai
adalah 14,7 Volt. Hasil dari penelitian ini adalah pada pengujian tanpa kontrol
dilakukan 4 kali pengujian yaitu pengujian dengan nilai duty-cycle 30%, 40%, 50%
dan 60%, dimana hasil dari penelitiannya, ketika duty-cycle 30% RPM yang
dihasilkan pada pengujian ini adalah 199 sampai dengan 216,7 dengan rata-rata
waktu bergeraknya 9 detik, dengan tegangan output pada rentang 9 sampai dengan
11 Volt sehingga pada pengujian ini dapat digunakan untuk pengisian baterai.
Pengujian selanjutnya ketika nilai duty-cycle 40% rata-rata waktu RPM yang
dihasilkan pada pengujian ini adalah 221 sampai dengan 228 dengan rata-rata waktu
bergeraknya 11 detik, dengan tegangan output pada rentang 12 sampai dengan 13
Volt sehingga pada pengujian ini dapat digunakan untuk pengisian baterai. Pada
pengujian duty-cycle 50% dan 60% tidak dapat digunakan untuk pengisian baterai
karena nilai tegangan outputnya lebih dari batas maksimal pengisian baterai.
Pengujian selanjutnya dengan kontrol PID, untuk mencari nilai parameternya
penelitian ini menggunakan metode Trial and Error, dimana didapatkan nilai
parameter terbaiknya Kp sebesar 2, Ki 0,4 dan Kd 20. Untuk hasil pengujiannya
pada duty-cycle 60% masih belum bisa digunakan untuk pengisian baterai karena
nilai tegangan keluarannya sebesar 14,94 Volt. | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | Pengereman Regeneratif | en_US |
dc.subject | Baterai | en_US |
dc.subject | Motor BLDC | en_US |
dc.subject | Buck-Boost Converter | en_US |
dc.subject | Kontrol PID | en_US |
dc.title | Rancang Bangun Buck-Boost Converter Berbasis PID untuk Pengisian Baterai pada Sistem Pengereman Regeneratif Motor BLDC | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknik Elektro | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr.Ir.Triwahju Hardianto, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ir.H.R.B.Moch Gozali, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Oktober_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2025_01_tanggal 14 | en_US |