Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Komik Andro-Web Pokok Bahasan Gas Ideal terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang memberikan
pengetahuan tentang alam semesta untuk berlatih berpikir dan bernalar, melalui
penalaran seseorang yang terus dilatih sehingga semakin berkembang, maka orang
tersebut akan bertambah daya pikir dan pengetahuannya. Materi yang dipelajari
dalam pembelajaran fisika salah satunya adalah gas ideal. Pembelajaran mengenai gas
ideal siswa dituntut untuk mengembangkan berpikir dan bernalar. Hal tersebut
dikarenakan materi gas ideal merupakan materi yang tidak kasat mata sehingga
diperlukannya imajinasi yang tepat agar tidak terjadi miskonsepsi. Pada saat ini selain
kemampuan berpikir dan bernalar, diperlukannya kemampuan berliterasi sains. Untuk
dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains siswa, perlu ketepatan dalam
memilih bahan ajar. Hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas XI
SMAN Pakusari diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas guru
cenderung menggunakan buku LKS yang bersifat informatif dan kurang menarik
sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca dan mengembangkan
pengetahuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, peneliti ingin menajikan alternatif
modul pembelajaran berupa modul berbasis komik andro-web materi gas ideal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh modul berbasis komik
andro-web terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa SMA materi gas ideal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan
desain penelitian Post - test Only Control Group Design. Tempat penelitian
dilaksanakan di SMAN Pakusari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember tahun
ajaran 2023/2024. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas untuk mengetahui variasi siswa kelas XI melalui nilai rapor UTS semester ganjil kelas XI
mata pelajaran fisika. Pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data hasil belajar siswa dikaji menggunakan uji normalitas dan uji-t
berbantuan SPSS 23.
. Hasil literasi sains yang diperoleh melalui post-test menujukkan adanya
perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 73,93, sedangkan untuk
kelas eksperimen sebesar 80,87. Kedua hasil post-test tersebut diolah menggunakan
analisis statistik uji-t berbantuan SPSS 23. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-
tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,001 yang artinya ada pengaruh signifikan modul
berbasis komik andro-web terhadap literasi sains siswa SMA. Hasil belajar siswa
yang diperoleh menujukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas
kontrol sebesar 68,9, sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 77,58. Hasil uji-t
menunjukkan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,04 yang artinya ada
pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web terhadap hasil belajar siswa
SMA.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
signifikan modul berbasis komik andro-web materi gas ideal terhadap literasi sains
dan hasil belajar siswa SMA. Pembelajaran fisika materi gas ideal menggunakan
modul berbasis komik andro-web diharapkan dapat menambah referensi
penyampaian materi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.