Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Sal Sabila Wardahtuz Tarita
dc.date.accessioned2024-12-16T08:23:22Z
dc.date.available2024-12-16T08:23:22Z
dc.date.issued2024-07-19
dc.identifier.nim190210102078en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124671
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Desember 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang memberikan pengetahuan tentang alam semesta untuk berlatih berpikir dan bernalar, melalui penalaran seseorang yang terus dilatih sehingga semakin berkembang, maka orang tersebut akan bertambah daya pikir dan pengetahuannya. Materi yang dipelajari dalam pembelajaran fisika salah satunya adalah gas ideal. Pembelajaran mengenai gas ideal siswa dituntut untuk mengembangkan berpikir dan bernalar. Hal tersebut dikarenakan materi gas ideal merupakan materi yang tidak kasat mata sehingga diperlukannya imajinasi yang tepat agar tidak terjadi miskonsepsi. Pada saat ini selain kemampuan berpikir dan bernalar, diperlukannya kemampuan berliterasi sains. Untuk dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains siswa, perlu ketepatan dalam memilih bahan ajar. Hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas XI SMAN Pakusari diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas guru cenderung menggunakan buku LKS yang bersifat informatif dan kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca dan mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, peneliti ingin menajikan alternatif modul pembelajaran berupa modul berbasis komik andro-web materi gas ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh modul berbasis komik andro-web terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa SMA materi gas ideal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Post - test Only Control Group Design. Tempat penelitian dilaksanakan di SMAN Pakusari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember tahun ajaran 2023/2024. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas untuk mengetahui variasi siswa kelas XI melalui nilai rapor UTS semester ganjil kelas XI mata pelajaran fisika. Pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dikaji menggunakan uji normalitas dan uji-t berbantuan SPSS 23. . Hasil literasi sains yang diperoleh melalui post-test menujukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 73,93, sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 80,87. Kedua hasil post-test tersebut diolah menggunakan analisis statistik uji-t berbantuan SPSS 23. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2- tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,001 yang artinya ada pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web terhadap literasi sains siswa SMA. Hasil belajar siswa yang diperoleh menujukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 68,9, sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 77,58. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,04 yang artinya ada pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web terhadap hasil belajar siswa SMA. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web materi gas ideal terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa SMA. Pembelajaran fisika materi gas ideal menggunakan modul berbasis komik andro-web diharapkan dapat menambah referensi penyampaian materi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd., M.C.E Pembimbing Anggota Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.Een_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKomik Andro-weben_US
dc.subjectBahasan Gas Idealen_US
dc.subjectLiterasi Sainsen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Modul Berbasis Komik Andro-Web Pokok Bahasan Gas Ideal terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Singgih Bektiarso, M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs.Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 14 November 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record