• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Tehadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Bataan 01 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    RIZQI DESITA PUTERI_170210204035.pdf (1.283Mb)
    Date
    2024-07-31
    Author
    PUTERI, Rizqi Desita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Model pembelajaran PBL adalah model pembelajaran yang berfokus kepada siswa dengan memberikan permasalahan yang memacu siswa untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasil belajar berkaitan degan pengetahuan yang telah dipelajari, pencapaian hasil belajar mengarah pada nilai positif yang didapatkan. Namun pada kenyataannya hasil belajar siswa masih belum mencapai standar yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Hasil belajar kurikulum Merdeka lebih mengedepankan kekuatan karakter sebagai nilai yang dikembangkan, karakter yang menjadi fokus diantara adalah memiliki karakter sebagai pelajar Pancasila. Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dalam penguasaan cara atau model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep mata pelajaran yang akan disampaikan salah satunya penerapan model yang mendukung yaitu model pembelajaran PBL khususnya untuk kelas V SD, sehingga dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar, siswa diajak untuk belajar berkelompok untuk menyelesaikan suatu masalah dan mengemukakannya sehingga membuat siswa lebih aktif, mandiri dan percaya diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas V SDN Bataan 01 Bondowoso”. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Quasi Experimental Design. Pada Quasi Experimental Design ini diperlukan adanya treatment yang biasanya ditujukan kepada kelas eksperimen dan diharapkan treatment ini dapat memberikan hasil yang berbeda, artinya jauh lebih baik daripada kelas control dengan subjek 25 siswa kelas v di SDN Bataan 01 Bondowoso. Hasil analisis t (t-test) menunjukkan ada pengaruh atau perbedaan antara satu variabel terhadap variabel lainnya. Hal ini belum menunjukkan seberapa besar keefektifan relatif yang dicapai oleh suatu kelompok dibandingkan dengan kelompok lainnya. Oleh karena itu, hasil uji t (t-test) masih perlu dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada IPAS. Hal tersebut didasarkan pada hasil hipotesis posttest melalaui uji-t dengan nilai thitung = 3.14 dan ttabel = 1.99, sehingga H1 dapat diterima karena nilai thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (diskusi dan tanya jawab). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah Dalam penerapan model PBL selanjutnya diharapkan peneliti mampu mengkombinasikan dengan metode lain untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124544
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15500]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository