Show simple item record

dc.contributor.authorPUTERI, Rizqi Desita
dc.date.accessioned2024-11-11T06:27:56Z
dc.date.available2024-11-11T06:27:56Z
dc.date.issued2024-07-31
dc.identifier.nim170210204035en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124544
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPengaruh Model pembelajaran PBL adalah model pembelajaran yang berfokus kepada siswa dengan memberikan permasalahan yang memacu siswa untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasil belajar berkaitan degan pengetahuan yang telah dipelajari, pencapaian hasil belajar mengarah pada nilai positif yang didapatkan. Namun pada kenyataannya hasil belajar siswa masih belum mencapai standar yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Hasil belajar kurikulum Merdeka lebih mengedepankan kekuatan karakter sebagai nilai yang dikembangkan, karakter yang menjadi fokus diantara adalah memiliki karakter sebagai pelajar Pancasila. Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dalam penguasaan cara atau model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep mata pelajaran yang akan disampaikan salah satunya penerapan model yang mendukung yaitu model pembelajaran PBL khususnya untuk kelas V SD, sehingga dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar, siswa diajak untuk belajar berkelompok untuk menyelesaikan suatu masalah dan mengemukakannya sehingga membuat siswa lebih aktif, mandiri dan percaya diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas V SDN Bataan 01 Bondowoso”. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Quasi Experimental Design. Pada Quasi Experimental Design ini diperlukan adanya treatment yang biasanya ditujukan kepada kelas eksperimen dan diharapkan treatment ini dapat memberikan hasil yang berbeda, artinya jauh lebih baik daripada kelas control dengan subjek 25 siswa kelas v di SDN Bataan 01 Bondowoso. Hasil analisis t (t-test) menunjukkan ada pengaruh atau perbedaan antara satu variabel terhadap variabel lainnya. Hal ini belum menunjukkan seberapa besar keefektifan relatif yang dicapai oleh suatu kelompok dibandingkan dengan kelompok lainnya. Oleh karena itu, hasil uji t (t-test) masih perlu dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada IPAS. Hal tersebut didasarkan pada hasil hipotesis posttest melalaui uji-t dengan nilai thitung = 3.14 dan ttabel = 1.99, sehingga H1 dapat diterima karena nilai thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (diskusi dan tanya jawab). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah Dalam penerapan model PBL selanjutnya diharapkan peneliti mampu mengkombinasikan dengan metode lain untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd DPA: Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar IPAen_US
dc.subjectKabupaten Bondowosoen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Tehadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Bataan 01 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record