Analisis Kualitas Website Portal Emas Pegawai Kota Probolinggo Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA)
Abstract
Portal Emas Pegawai adalah sistem informasi pelayanan administrasi
masyarakat berbasis website dan aplikasi android yang digunakan oleh pegawai
kelurahan dan kecamatan di Kota Probolinggo. Aplikasi ini dikembangkan pada 24
Agustus 2021 yang berdasar pada Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 107
tahun 2021 tentang Sistem Informasi Probolinggo Smart Digital Melayani
Masyarakat di Lingkungan Pemerintahan Kota Probolinggo. Tujuan Portal Emas
Pegawai dikembangkan yaitu untuk membantu meningkatkan pelayanan
administrasi kepada masyarakat di Kota Probolinggo agar lebih cepat, mudah,
efisien, transparan, dan bebas pungli. Portal Emas Pegawai memiliki beberapa
bermasalah yang dikeluhkan oleh penggunanya seperti kendala jaringan, TTE yang
tidak tercetak, ribetnya saat memasukkan data, dan surat yang tidak tersimpan. Dari
permasalahan tersebut dapat dikatakan bahwa kualitas website Portal Emas
Pegawai masih perlu ditingkatkan dan dilakukan evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website Portal
Emas Pegawai dan mengetahui indikator apa yang menjadi prioritas untuk
ditingkatkan serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk indikator tersebut.
Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner berjumlah 21 butir
berdasarkan metode Webqual 4.0 kepada pengguna di kelurahan dan kecamatan.
Metode Webqual 4.0 akan menghasilkan nilai Webqual Indeks (WQI) yang
merepresentasikan kualitas website. Setelah itu dilakukan Analisis Kesesuaian dan
Analisis Kesenjangan (Gap) yang diperoleh dari nilai kinerja dan kepentingan
Portal Emas Pegawai. Selanjutnya Analisis Kuadran menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan indikator yang menjadi prioritas
perbaikan.
Setelah dilakukan analisis data, diketahui bahwa nilai WQI website Portal
Emas Pegawai sebesar 0,824. Semakin nilai WQI mendekati 1, maka kualitas
website dikatakan semakin baik. Nilai kesesuaian menghasilkan 93,991% dan nilai
kesenjangan menghasilkan angka negatif sebesar -0,211 yang berarti Portal Emas
Pegawai masih belum dapat memenuhi harapan pengguna. Analisis IPA
menunjukkan bahwa Kuadran I berisikan indikator SI21; Kuadran II berisikan
indikator US1, US2, US4, US7, IQ9, IQ10, IQ14, SI17, dan SI18; Kuadran III
berisikan indikator US3, US5, US6, IQ11, IQ12, SI20, dan SI22; Kuadran IV
berisikan indikator US8, IQ13, IQ15, dan SI16. Rekomendasi diberikan untuk
indikator pada Kuadran I “SI21” karena merupakan prioritas peningkatan.
Diskominfo selaku penyedia website dapat menambahkan saluran komunikasi
lainnya, mengupayakan penerimaan umpan balik, dan melaksanakan pertemuan
rutin dengan pengguna. Hasil penelitian ini menyarankan pihak Diskominfo untuk
melakukan perbaikan dan pengembangan website Portal Emas Pegawai agar
memiliki kualitas yang lebih baik sehingga dapat memenuhi harapan penggunanya.