Pembentukan Perilaku Kemandirian pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember
Abstract
Kemandirian sebagai kemampuan untuk mengendalikan diri dalam berpikir
dan bertindak, serta tidak bergantung pada orang lain. Pengembangan kemandirian
anak oleh guru dapat dilakukan dengan pembiasaan. Pembiasaan merupakan
sesuatu yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang agar pembiasaan itu
dapat menjadi kebiasaan. Untuk menjalankan perannya dalam membiasakan
perilaku kemandirian pada anak, guru TK ABA 1 Kaliwates Jember menggunakan
metode bernyanyi. Peneliti ingin menyelidiki tentang cara guru dalam membentuk
perilaku kemandirian pada anak kelompok A melalui metode bernyanyi.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara guru
dalam membentukan perilaku kemandirian pada anak usia 4-5 tahun melalui
metode bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember?” Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan cara guru dalam membentuk perilaku
kemandirian pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bernyanyi di TK ABA 1
Kaliwates Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah
penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan di kelompok A
(Bagaskara) TK Aba 1 Kaliwates Jember selama 2 minggu.sumber data yang
diperoleh dari informan kunci yaitu anak kelompok A (Bagaskara), sedangkan
informan pendukung yaitu pendidik kelompok A (Bagaskara) dan dokumen.
Metode pengumpul data dilakukan melalui metode observasi dengan alat bantu
chek list dan catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknis analisis
data menggunakan teknis analisis model interaktif Miles dan Huberman yaitu
melalui empat tahapan yakni proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.