• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembentukan Perilaku Kemandirian pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Azizatul Munawaroh (709.3Kb)
    Date
    2024-06-06
    Author
    MUNAWAROH, Azizatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemandirian sebagai kemampuan untuk mengendalikan diri dalam berpikir dan bertindak, serta tidak bergantung pada orang lain. Pengembangan kemandirian anak oleh guru dapat dilakukan dengan pembiasaan. Pembiasaan merupakan sesuatu yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang agar pembiasaan itu dapat menjadi kebiasaan. Untuk menjalankan perannya dalam membiasakan perilaku kemandirian pada anak, guru TK ABA 1 Kaliwates Jember menggunakan metode bernyanyi. Peneliti ingin menyelidiki tentang cara guru dalam membentuk perilaku kemandirian pada anak kelompok A melalui metode bernyanyi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara guru dalam membentukan perilaku kemandirian pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara guru dalam membentuk perilaku kemandirian pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan di kelompok A (Bagaskara) TK Aba 1 Kaliwates Jember selama 2 minggu.sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu anak kelompok A (Bagaskara), sedangkan informan pendukung yaitu pendidik kelompok A (Bagaskara) dan dokumen. Metode pengumpul data dilakukan melalui metode observasi dengan alat bantu chek list dan catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan teknis analisis model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui empat tahapan yakni proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124492
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository