Nilai Tambah, Pendapatan, dan Bauran Pemasaran Pada Agroindustri Kopi Kramat di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui nilai tambah kopi natural, kopi lanang, dan kopi wine pada agroindusrti kopi Kramat, 2) mengetahui pendapatan agroindustri kopi Kramat, dan 3) mengetahui bauran pemasaran agroindustri kopi Kramat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode hayami untuk mengetahui nilai tambah, analisis pendapatan untuk mengetahui pendapatan, dan analisis bauran pemasaran 4p (product, price, place, promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah kopi natural, lanang, dan wine pada agroindustri kopi Kramat memiliki nilai tambah positif. Pendapatan agroindustri kopi Kramat mendapatkan keuntungan. Bauran pemasaran agroindustri kopi Kramat terdiri dari: (a) produk yang dihasilkan ada 3 yaitu kopi natural, kopi lanang, dan kopi wine, (b) harga kopi natural yaitu Rp150.000 per kg, kopi lanang dan wine harganya Rp250.000 per kg, (c) lokasi terletak di Dusun Suko Timur RT 002 RW 001 Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, dan (d) promosi melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan secara langsung.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4236]