• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Permasalahan Anak dengan Hambatan Perkembangan Berbicara di TK ABA II Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    repository skrpsi ayu firda.pdf (2.655Mb)
    Date
    2024-07-18
    Author
    FIRDAYATI, Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hambatan perkembangan berbicara merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan atau ketidakmampuan dalam mengungkapkan kata dengan tepat dan fasih. Hasil Observasi awal yang dilaukan di kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember terdapat anak yang mengalami permasalahan hambatan perkembangan berbicara yaitu anak perempuan yang berinisial “A” dan satu anak laki-laki dengan inisial “M” mengalami kesulitan dalam berbicaranya. Hal ini ditunjukan ketika “M” berbicara dalam penekanan dan sangat lambat dibandingkan dengan anak yang lain. Sedangkan “A” memiliki karakter yang cenderung pendiam apabila “A” ingin bertanya atau mengutarakan pikirannya "A" mengatakan dengan sangat pelan nyaris tidak terdengar dan kesulitan dalam mengucapkan beberapa huruf tertentu. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Permasalahan Anak dengan Hambatan Perkembangan Berbicara di Kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember?” berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi permasalahan anak dengan hambatan perkembangan berbicara di kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanan di TK ABA II Kabupaten Jember dan rumah anak yang bersangkutan selama 12 hari dengan rincian 8 hari di sekolah, 3 hari dirumah “M” dan 2 hari dirumah “A”. Subyek penelitian ini yaitu dua anak yang berinisial “A” dan “M”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui beberapa informan yaitu guru pendamping, orang tua dan anak yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam peelitian ini adalam metode observasi (catatan lapangan), wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui empat tahap diantaranya proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai eksplorasi permasalahan anak dengan hambatan perkembangan berbicara di kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember dapat disimpulkan bahwa anak yang berinisial “A” dan “M” mengalami beberapa hambatan dalam perkembangan berbicaranya. Sesuai hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa hambatan perkembangan berbicara diantaranya Kelainan suara, Gangguan kelancaran bicara, Disfasia, Sindrom asperger, Gangguan Multisystem Development, Gangguan Disintegrative pada Anak (Childhood Disintegrative Disorder/CDD). Hambatan yang dialami oleh M yaitu kelainan suara, Gangguan kelancaran bicara, Disfasia, Sindrom Asperger, Gangguan Multisystem Development, Gangguan Disintegrative Pada Anak (Childhood Disintegrative Disorder/CDD) Sedangkan Hambatan yang dialami oleh A yaitu Kelainan Artikulasi, Sindrom Asperger, dan Gangguan Multisystem Development. Permasalahan tersebut terjadi adanya beberapa faktor yaitu faktor lingkungan, kesehatan, kondisi fisik dan motorik, metode pelatihan anak dan gadget. Hal ini didukung dengan adanya bukti raport, surat dokter serta hasil wawancara yang dilakukan kepada 1 guru kelompok B, 1 guru kelompok A, orang tua/wali M, dan orang tua A terkait permasalahan anak dengan hambatan perkembangan berbicara. Saran yang dapat diberikan kepada guru serta orang tua, yaitu hendanya guru memberikan stimulasi yang lebih kepada anak yang memiliki hambatan dalam perkembangan berbicara seperti mengembangkan pembelajaran yang mencakup seluruh aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu perkembangan bahasa agar kemampuan anak dalam berbicara semakin meningkat dan Perlunya peran aktif orang tua dalam melatih perkembangan kemampuan berbicara anak, sehingga perkembangan berbicara anak dapat berkembang secara optimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124457
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository