Pengaruh APE Scrabble terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang
Abstract
Potensi anak usia dini sangat penting untuk diberikan stimulus pendidikan
yang mencangkup aspek sosial emosional, perkembangan kognitif, fisik motorik,
seni, aspek nilai agama dan moral serta aspek bahasa. Maka dari itu masa emas ini
anak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari enam perkembangan
tersebut salah satu aspek yang penting yaitu perkembangan bahasa anak. Di
lembaga TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi ditemukan masalah yaitu
perkembangan bahasa anak masih rendah, masih ada yang mengalami kesulitan
terkait perkembangan bahasa dan media pembelajaran yang digunakan kurang
bervariasi. Untuk itu perlu digunakan media pembelajaran APE scrabble dalam
tercapainya kemampuan bahasa anak. Pada kegiatan bermain APE scrabble ini
anak-anak akan bermain secara berkelompok yang terdiri dari 4-5 anak lalu setiap
kelompok akan menyusun kata dari kepingan huruf secara bergantian dan bekerja
sama.
Berdasarkan penjabaran latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah,” Adakah Pengaruh APE Scrabble Terhadap Kemampuan
Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi
Kabupaten Lumajang?”
Pola penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental (eksperimental
semu) dengan desain Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini yaitu
anak-anak kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten
Lumajang dengan jumlah 46 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan AprilMei 2024 dengan kegiatan meliputi: pemberian tes awal sebelum perlakuan
(pretest), perlakuan (treatment), pemberian tes sesudah perlakuan (posttest). Alat pada penelitian ini berupa lembar observasi untuk melakukan penilaian terhada indikator yang akan dievaluasi. Indikator-indikator yang akan dinilai
mengenai kemampuan bahasa anak antara lain 1) Anak mampu mengenal masingmasing bunyi huruf, 2) Anak mampu diajak berdialog sederhana, 3) Anak mampu
menyimak perkataan orang lain, 4) Anak mampu menulis dan mengucapkan huruf
A-Z. 5) Anak mampu menceritakan kembali pengalaman bermain, 6) Anak
mampu menyebutkan kata-kata yang dikenal.
Hasil penelitian pada kegiatan pretest nilai pada kelompok eksperimen
sebesar 64,37 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 62,89. Kemudian pada
kegiatan posttest nilai pada kelompok eksperimen sebesar 82,42 sedangkan pada
kelompok kontrol sebesar 82,32. Pada teknik analisis data diperoleh hasil nilai thitung sebesar 0,419. Hasil tersebut selanjutnya akan dikonsultasikan pada tabel
dengan t-tabel= 2,110 sehingga dapat dikatakan bahwa t-hitung < t-tabel yaitu
0,491 < 2,110. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada
pengaruh APE scrabble terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A di TK
Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang.