Show simple item record

dc.contributor.authorNOVIYANTI, Nenny
dc.date.accessioned2024-10-22T07:40:19Z
dc.date.available2024-10-22T07:40:19Z
dc.date.issued2024-07-25
dc.identifier.nim170210205087en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124456
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPotensi anak usia dini sangat penting untuk diberikan stimulus pendidikan yang mencangkup aspek sosial emosional, perkembangan kognitif, fisik motorik, seni, aspek nilai agama dan moral serta aspek bahasa. Maka dari itu masa emas ini anak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari enam perkembangan tersebut salah satu aspek yang penting yaitu perkembangan bahasa anak. Di lembaga TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi ditemukan masalah yaitu perkembangan bahasa anak masih rendah, masih ada yang mengalami kesulitan terkait perkembangan bahasa dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Untuk itu perlu digunakan media pembelajaran APE scrabble dalam tercapainya kemampuan bahasa anak. Pada kegiatan bermain APE scrabble ini anak-anak akan bermain secara berkelompok yang terdiri dari 4-5 anak lalu setiap kelompok akan menyusun kata dari kepingan huruf secara bergantian dan bekerja sama. Berdasarkan penjabaran latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,” Adakah Pengaruh APE Scrabble Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang?” Pola penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental (eksperimental semu) dengan desain Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini yaitu anak-anak kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang dengan jumlah 46 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan AprilMei 2024 dengan kegiatan meliputi: pemberian tes awal sebelum perlakuan (pretest), perlakuan (treatment), pemberian tes sesudah perlakuan (posttest). Alat pada penelitian ini berupa lembar observasi untuk melakukan penilaian terhada indikator yang akan dievaluasi. Indikator-indikator yang akan dinilai mengenai kemampuan bahasa anak antara lain 1) Anak mampu mengenal masingmasing bunyi huruf, 2) Anak mampu diajak berdialog sederhana, 3) Anak mampu menyimak perkataan orang lain, 4) Anak mampu menulis dan mengucapkan huruf A-Z. 5) Anak mampu menceritakan kembali pengalaman bermain, 6) Anak mampu menyebutkan kata-kata yang dikenal. Hasil penelitian pada kegiatan pretest nilai pada kelompok eksperimen sebesar 64,37 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 62,89. Kemudian pada kegiatan posttest nilai pada kelompok eksperimen sebesar 82,42 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 82,32. Pada teknik analisis data diperoleh hasil nilai thitung sebesar 0,419. Hasil tersebut selanjutnya akan dikonsultasikan pada tabel dengan t-tabel= 2,110 sehingga dapat dikatakan bahwa t-hitung < t-tabel yaitu 0,491 < 2,110. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh APE scrabble terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr.Nanik Yuliati, M.Pd DPA: Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAPE Scrabbleen_US
dc.subjectTaman Kanak Kanaken_US
dc.titlePengaruh APE Scrabble terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record