• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Kartu Domino Modifikasi terhadap Hasil Belajar dan Karakter Berkebhinnekaan Global Siswa Materi “Indonesiaku Kaya Budaya” Kelas IV

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Elma Yunita 190210204117.pdf (4.253Mb)
    Date
    2023-09-08
    Author
    YUNITA, Elma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan kecerdasan seseorang. Pendidikan tidak hanya dilakukan untuk memberikan anak kemampuan berpikir (kognitif), melainkan juga penanaman nilai dan norma di masyarakat yang dapat dikemas dalam pendidikan karakter. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kurikulum yang dirancang dalam sistem pendidikan. Kurikulum merdeka merupakan perubahan dari kurikulum 2013 yang bertujuan agar siswa dapat memahami aspek kehidupan berbangsa dan beragama, dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar. Kurikulum merdeka mengusung profil pelajar Pancasila, yang memiliki 6 dimensi utama, termasuk berkebhinnekaan global. Berkebhinnekaan global dianggap sebagai karakter yang penting untuk ditumbuhkan pada generasi muda. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa SD kurang memahami profil pelajar Pancasila dan karakter berkebhinnekaan global. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang efektif dalam penanaman karakter tersebut, selain itu hasil belajar siswa di Indonesia juga menunjukkan angka yang rendah. Faktor ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Proses pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah dan diskusi, serta kurangnya keterlibatan siswa, juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu cara dalam mengatasi permasalahan tersebut menggunakan media pembelajaran kartu domino modifikasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, (1) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?, (2) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap karakter berkebhinnekaan global materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?, dan (3) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar dan karakter berkebhinnekaan global siswa materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV? Penelitian ini merupakan sebuah penelitian quasi eksperimen pola penelitian non-equivalen control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan membagi kelas IV A yang berjumlah 24 siswa dan IV B berjumlah 25 siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random menggunakan kelas yang sudah ada, tetapi terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas. Kelas eksperimen diberikan treatment menggunakan media kartu domino modifikasi dan kelas kontrol menggunakan media question box. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, tes dan non tes serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Kabupaten Jember mulai tanggal 9 sampai 22 juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu domino modifikasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai Sig. greenhouse-geisser sebesar 0,000 < 0,05, berkebhinnekaan global siswa dengan hasil nilai Sig. greenhouse-geisser r sebesar 0,036 < 0,05 serta secara simultan mendapatkan hasil nilai Sig. Hotelling's Trace sebesar 0,000 < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar 83,1%. Berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar dan berkebhinnekaan global siswa materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SD Hidayatul Murid Ampel Kabupaten Jember. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi dan pengalaman berharga dalam melakukan penelitian selanjutnya. Selain itu, disarankan untuk melakukan penelitian menggunakan lebih dari dua kelas agar dapat memperluas cakupan dan generalisasi hasil dan persiapan yang matang sebelum melakukan penelitian juga dianggap penting untuk mencapai hasil yang optimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124342
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository