Show simple item record

dc.contributor.authorYUNITA, Elma
dc.date.accessioned2024-09-14T05:24:00Z
dc.date.available2024-09-14T05:24:00Z
dc.date.issued2023-09-08
dc.identifier.nim190210204117en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124342
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 12 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan kecerdasan seseorang. Pendidikan tidak hanya dilakukan untuk memberikan anak kemampuan berpikir (kognitif), melainkan juga penanaman nilai dan norma di masyarakat yang dapat dikemas dalam pendidikan karakter. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kurikulum yang dirancang dalam sistem pendidikan. Kurikulum merdeka merupakan perubahan dari kurikulum 2013 yang bertujuan agar siswa dapat memahami aspek kehidupan berbangsa dan beragama, dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar. Kurikulum merdeka mengusung profil pelajar Pancasila, yang memiliki 6 dimensi utama, termasuk berkebhinnekaan global. Berkebhinnekaan global dianggap sebagai karakter yang penting untuk ditumbuhkan pada generasi muda. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa SD kurang memahami profil pelajar Pancasila dan karakter berkebhinnekaan global. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang efektif dalam penanaman karakter tersebut, selain itu hasil belajar siswa di Indonesia juga menunjukkan angka yang rendah. Faktor ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Proses pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah dan diskusi, serta kurangnya keterlibatan siswa, juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu cara dalam mengatasi permasalahan tersebut menggunakan media pembelajaran kartu domino modifikasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, (1) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?, (2) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap karakter berkebhinnekaan global materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?, dan (3) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar dan karakter berkebhinnekaan global siswa materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV? Penelitian ini merupakan sebuah penelitian quasi eksperimen pola penelitian non-equivalen control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan membagi kelas IV A yang berjumlah 24 siswa dan IV B berjumlah 25 siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random menggunakan kelas yang sudah ada, tetapi terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas. Kelas eksperimen diberikan treatment menggunakan media kartu domino modifikasi dan kelas kontrol menggunakan media question box. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, tes dan non tes serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Kabupaten Jember mulai tanggal 9 sampai 22 juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu domino modifikasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai Sig. greenhouse-geisser sebesar 0,000 < 0,05, berkebhinnekaan global siswa dengan hasil nilai Sig. greenhouse-geisser r sebesar 0,036 < 0,05 serta secara simultan mendapatkan hasil nilai Sig. Hotelling's Trace sebesar 0,000 < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar 83,1%. Berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar dan berkebhinnekaan global siswa materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SD Hidayatul Murid Ampel Kabupaten Jember. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi dan pengalaman berharga dalam melakukan penelitian selanjutnya. Selain itu, disarankan untuk melakukan penelitian menggunakan lebih dari dua kelas agar dapat memperluas cakupan dan generalisasi hasil dan persiapan yang matang sebelum melakukan penelitian juga dianggap penting untuk mencapai hasil yang optimal.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Ibu Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Pembimbing Anggota Ibu Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGARUH MEDIA KARTU DOMINOen_US
dc.subjectMODIFIKASIen_US
dc.subjectBERKEBHINEKAAN GLOBALen_US
dc.titlePengaruh Media Kartu Domino Modifikasi terhadap Hasil Belajar dan Karakter Berkebhinnekaan Global Siswa Materi “Indonesiaku Kaya Budaya” Kelas IVen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record