PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SUKOWONO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa, hal
ini dapat diketahui berdasarkan persentase yang telah di dapatkan yaitu aktifitas siswa
dalam mengerjakan tugas dengan berdiskusi kelompok pada pembelajaran 1 adalah
67,54%, pembelajaran 2 adalah 82,45%, pembelajara 3 adalah84,21%, pembelajaran
4 adalah 87,72%; aktifitas mengerjakan LKS sesuai dengan langkah-langkah pada
pembelajaran 1 adalah 66,67%, pembelajaran 2 adalah 76,31%, pembelajaran 3
adalah78,95%, pembelajaran 4 adalah 85,09%; aktifitas peran aktif siswa dalam
kegiatan Role Playing pada pembelajaran 1 adalah 60,53%, pembelajaran 2 adalah
64,04%, pembelajaran 3 adalah 68,42%, pembelajaran 4 adalah 72,80%; aktifitas
berdiskusi antara siswa dengan guru/teman pada pembelajaran 1 adalah 42,11%,
pembelajaran 2 adalah 55,26%, pembelajaran 3 adalah 58,77%, pembelajaran 4
adalah 62,23%; dan aktifitas bertanya antara siswa dengan guru/teman pada
pembelajaran 1 adalah 37,72%, pembelajaran 2 adalah 43,86%, pada pembelajaran 3
adalah 45,61%, pembelajaran 4 adalah 48,25%. Analisis hasil observasi aktifitas guru
juga menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada pembelajaran 1 adalah 90%,
pembelajaran 2 adalah 93,33%, pembelajaran 3 adalah 96,67%, pembelajaran 4
adalah 96,67%..
Pada siklus I persentase kesalahan siswa yang diperoleh adalah pada
kesalahan penafsiran bahasa 32,24%, kesalahan definisi/teorema 42,11%, kesalahan
penggunaan data 55,26%, dan kesalahan teknik 58,55%. Sedangkan pada siklus II
persentase secara klasikal yang diperoleh adalah pada kesalahan penafsiran bahasa
24,34%, kesalahan definisi/teorema 28,89%, kesalahan penggunaan data 32,24%, dan
kesalahan teknik adalah 41, 44%.