• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SUKOWONO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ziadatus Sha’adhah_1.pdf (240.3Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    ZIADATUS SHA’ADHAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa, hal ini dapat diketahui berdasarkan persentase yang telah di dapatkan yaitu aktifitas siswa dalam mengerjakan tugas dengan berdiskusi kelompok pada pembelajaran 1 adalah 67,54%, pembelajaran 2 adalah 82,45%, pembelajara 3 adalah84,21%, pembelajaran 4 adalah 87,72%; aktifitas mengerjakan LKS sesuai dengan langkah-langkah pada pembelajaran 1 adalah 66,67%, pembelajaran 2 adalah 76,31%, pembelajaran 3 adalah78,95%, pembelajaran 4 adalah 85,09%; aktifitas peran aktif siswa dalam kegiatan Role Playing pada pembelajaran 1 adalah 60,53%, pembelajaran 2 adalah 64,04%, pembelajaran 3 adalah 68,42%, pembelajaran 4 adalah 72,80%; aktifitas berdiskusi antara siswa dengan guru/teman pada pembelajaran 1 adalah 42,11%, pembelajaran 2 adalah 55,26%, pembelajaran 3 adalah 58,77%, pembelajaran 4 adalah 62,23%; dan aktifitas bertanya antara siswa dengan guru/teman pada pembelajaran 1 adalah 37,72%, pembelajaran 2 adalah 43,86%, pada pembelajaran 3 adalah 45,61%, pembelajaran 4 adalah 48,25%. Analisis hasil observasi aktifitas guru juga menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada pembelajaran 1 adalah 90%, pembelajaran 2 adalah 93,33%, pembelajaran 3 adalah 96,67%, pembelajaran 4 adalah 96,67%.. Pada siklus I persentase kesalahan siswa yang diperoleh adalah pada kesalahan penafsiran bahasa 32,24%, kesalahan definisi/teorema 42,11%, kesalahan penggunaan data 55,26%, dan kesalahan teknik 58,55%. Sedangkan pada siklus II persentase secara klasikal yang diperoleh adalah pada kesalahan penafsiran bahasa 24,34%, kesalahan definisi/teorema 28,89%, kesalahan penggunaan data 32,24%, dan kesalahan teknik adalah 41, 44%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12433
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository