dc.description.abstract | Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa, hal
ini dapat diketahui berdasarkan persentase yang telah di dapatkan yaitu aktifitas siswa
dalam mengerjakan tugas dengan berdiskusi kelompok pada pembelajaran 1 adalah
67,54%, pembelajaran 2 adalah 82,45%, pembelajara 3 adalah84,21%, pembelajaran
4 adalah 87,72%; aktifitas mengerjakan LKS sesuai dengan langkah-langkah pada
pembelajaran 1 adalah 66,67%, pembelajaran 2 adalah 76,31%, pembelajaran 3
adalah78,95%, pembelajaran 4 adalah 85,09%; aktifitas peran aktif siswa dalam
kegiatan Role Playing pada pembelajaran 1 adalah 60,53%, pembelajaran 2 adalah
64,04%, pembelajaran 3 adalah 68,42%, pembelajaran 4 adalah 72,80%; aktifitas
berdiskusi antara siswa dengan guru/teman pada pembelajaran 1 adalah 42,11%,
pembelajaran 2 adalah 55,26%, pembelajaran 3 adalah 58,77%, pembelajaran 4
adalah 62,23%; dan aktifitas bertanya antara siswa dengan guru/teman pada
pembelajaran 1 adalah 37,72%, pembelajaran 2 adalah 43,86%, pada pembelajaran 3
adalah 45,61%, pembelajaran 4 adalah 48,25%. Analisis hasil observasi aktifitas guru
juga menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada pembelajaran 1 adalah 90%,
pembelajaran 2 adalah 93,33%, pembelajaran 3 adalah 96,67%, pembelajaran 4
adalah 96,67%..
Pada siklus I persentase kesalahan siswa yang diperoleh adalah pada
kesalahan penafsiran bahasa 32,24%, kesalahan definisi/teorema 42,11%, kesalahan
penggunaan data 55,26%, dan kesalahan teknik 58,55%. Sedangkan pada siklus II
persentase secara klasikal yang diperoleh adalah pada kesalahan penafsiran bahasa
24,34%, kesalahan definisi/teorema 28,89%, kesalahan penggunaan data 32,24%, dan
kesalahan teknik adalah 41, 44%. | en_US |