• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instructional Unit Integrated STEM Education Berbasis Socio-Scientific Issue pada Topik Genetically Modified Organism (GMO) untuk Mengasah Kemampuan Pengambilan Keputusan Sains Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Watermark.pdf (3.176Mb)
    Date
    2023-02-17
    Author
    MASRUROH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instructional unit yang valid dan praktis untuk dapat mengasah kemampuan pengambilan keputusan sains siswa. Kemampuan pengambilan keputusan adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki di era abad ke-21. Kemampuan pengambilan keputusan perlu ditingkatkan di kalangan siswa agar siswa terbiasa dalam mengambil keputusan sebagai sebuah penyelesaian dari suatu permasalahan. Salah satu upaya untuk mengasah kemampuan pengambilan keputusan siswa adalah dengan melakukan sebuah inovasi pembelajaran STEM terintegrasi karena dalam prosesnya dilaksanakan pembelajaran dengan mengubungkan konsep sains dengan permasalahan-permasalahan dunia nyata, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai inovasi untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa. Inovasi pembelajaran STEM terintegrasi dapat berupa pengembangan instructional unit. Model pengembangan instructional unit mengacu pada model pengembangan ADDIE, dengan lima tahapan proses pengembangan, yaitu Analysis; Design; Development; Implementation; dan Evaluation. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah instructional unit yang terbukti valid dengan skor validitas 82.10%, dan praktis dengan skor kepraktisan 82.83%. Setelah penggunaan instructional unit, terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test siswa dengan skor hasil analisis Wilcoxon test < 0.001; Z = -4.644. Besar pengaruh instructional unit dengan topik GMO terhadap kemampuan pengambilan keputusan siswa masuk dalam kategori tinggi berdasarkan hasil analisis Cohen’s d effect size dengan skor 1.42. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, disimpulkan bahwa instructional unit integrated STEM education dengan topik GMO mampu mengasah kemampuan pengambilan keputusan sains siswa. Jadi, salah satu alternatif untuk dapat mengasah kemampuan pengambilan keputusan siswa adalah dengan penggunaan bahan ajar pendidikan STEM terintegrasi berbasis SSI.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124282
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository