dc.contributor.author | MASRUROH, Siti | |
dc.date.accessioned | 2024-08-28T02:14:37Z | |
dc.date.available | 2024-08-28T02:14:37Z | |
dc.date.issued | 2023-02-17 | |
dc.identifier.nim | 190210103011 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124282 | |
dc.description | Finalisasi Oleh Taufik_Citra tgl 28 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instructional unit yang valid dan praktis untuk dapat mengasah kemampuan pengambilan keputusan sains siswa. Kemampuan pengambilan keputusan adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki di era abad ke-21. Kemampuan pengambilan keputusan perlu ditingkatkan di kalangan siswa agar siswa terbiasa dalam mengambil keputusan sebagai sebuah penyelesaian dari suatu permasalahan. Salah satu upaya untuk mengasah kemampuan pengambilan keputusan siswa adalah dengan melakukan sebuah inovasi pembelajaran STEM terintegrasi karena dalam prosesnya dilaksanakan pembelajaran dengan mengubungkan konsep sains dengan permasalahan-permasalahan dunia nyata, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai inovasi untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa. Inovasi pembelajaran STEM terintegrasi dapat berupa pengembangan instructional unit. Model pengembangan instructional unit mengacu pada model pengembangan ADDIE, dengan lima tahapan proses pengembangan, yaitu Analysis; Design; Development; Implementation; dan Evaluation. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah instructional unit yang terbukti valid dengan skor validitas 82.10%, dan praktis dengan skor kepraktisan 82.83%. Setelah penggunaan instructional unit, terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test siswa dengan skor hasil analisis Wilcoxon test < 0.001; Z = -4.644. Besar pengaruh instructional unit dengan topik GMO terhadap kemampuan pengambilan keputusan siswa masuk dalam kategori tinggi berdasarkan hasil analisis Cohen’s d effect size dengan skor 1.42. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, disimpulkan bahwa instructional unit integrated STEM education dengan topik GMO mampu mengasah kemampuan pengambilan keputusan sains siswa. Jadi, salah satu alternatif untuk dapat mengasah kemampuan pengambilan keputusan siswa adalah dengan penggunaan bahan ajar pendidikan STEM terintegrasi berbasis SSI. | en_US |
dc.description.sponsorship | Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Kuswati, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ADDIE | en_US |
dc.subject | GMO | en_US |
dc.subject | VALIDITAS | en_US |
dc.subject | KEPRAKTISAN | en_US |
dc.title | Pengembangan Instructional Unit Integrated STEM Education Berbasis Socio-Scientific Issue pada Topik Genetically Modified Organism (GMO) untuk Mengasah Kemampuan Pengambilan Keputusan Sains Siswa | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kuswati, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |