• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SIDANG FIX.pdf (6.896Mb)
    Date
    2023-01-30
    Author
    AZIZAH, Imroatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi mengalami perkembangan setiap waktunya. Teknologi yang berkembang pesat membuat dampak di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi merupakan salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk dapat menggunakan teknologi dalam pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadikan pembelajaran di kelas lebih menarik sehingga siswa dapat semakin aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat dioptimalkan untuk menyampaikan konsep materi sehingga siswa dapat memahami konsep dengan mudah. Media pembelajaran ini berisi konsep dan soal tentang materi barisan dan deret geometri. Pembuatan media pembelajaran menggunakan software Articulate Storyline yang dapat digunakan secara offline. Penelitian pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research phase (fase penelitian pendahuluan), development or prototyping phase (fase pengembangan), dan assessment phase (fase penilaian). Media pembelajaran yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini dilakukan kepada 36 siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Jember.Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berdasarkan aspek kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). Penggunaan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang dilihat dari nilai rata-rata post-test lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test. Berdasarkan analisis uji N-gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi barisan dan deret geometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124265
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository