Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZAH, Imroatul
dc.date.accessioned2024-08-28T01:41:46Z
dc.date.available2024-08-28T01:41:46Z
dc.date.issued2023-01-30
dc.identifier.nim160210101111en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124265
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 28 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractTeknologi mengalami perkembangan setiap waktunya. Teknologi yang berkembang pesat membuat dampak di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi merupakan salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk dapat menggunakan teknologi dalam pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadikan pembelajaran di kelas lebih menarik sehingga siswa dapat semakin aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat dioptimalkan untuk menyampaikan konsep materi sehingga siswa dapat memahami konsep dengan mudah. Media pembelajaran ini berisi konsep dan soal tentang materi barisan dan deret geometri. Pembuatan media pembelajaran menggunakan software Articulate Storyline yang dapat digunakan secara offline. Penelitian pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research phase (fase penelitian pendahuluan), development or prototyping phase (fase pengembangan), dan assessment phase (fase penilaian). Media pembelajaran yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini dilakukan kepada 36 siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Jember.Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berdasarkan aspek kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). Penggunaan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang dilihat dari nilai rata-rata post-test lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test. Berdasarkan analisis uji N-gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi barisan dan deret geometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswaen_US
dc.description.sponsorshipDr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd. Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectARTICULATE STORYLINEen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFen_US
dc.subjectBARISAN DAN DERET GEOMETRIen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswaen_US
dc.title.alternativeDeveloping Articulate Storyline-Assisted Learning Media on the Topic of Geometric Sequences and Series to Improve Students' Creative Thinking Skillsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record