dc.contributor.author | AZIZAH, Imroatul | |
dc.date.accessioned | 2024-08-28T01:41:46Z | |
dc.date.available | 2024-08-28T01:41:46Z | |
dc.date.issued | 2023-01-30 | |
dc.identifier.nim | 160210101111 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124265 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 28 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Teknologi mengalami perkembangan setiap waktunya. Teknologi yang
berkembang pesat membuat dampak di berbagai bidang, salah satunya bidang
pendidikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi merupakan salah
satu inovasi yang dapat digunakan untuk dapat menggunakan teknologi dalam
pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadikan pembelajaran di
kelas lebih menarik sehingga siswa dapat semakin aktif ketika proses
pembelajaran berlangsung. Penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat
dioptimalkan untuk menyampaikan konsep materi sehingga siswa dapat
memahami konsep dengan mudah.
Media pembelajaran ini berisi konsep dan soal tentang materi barisan dan
deret geometri. Pembuatan media pembelajaran menggunakan software Articulate
Storyline yang dapat digunakan secara offline. Penelitian pengembangan media
pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang
terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research phase (fase penelitian
pendahuluan), development or prototyping phase (fase pengembangan), dan
assessment phase (fase penilaian). Media pembelajaran yang dikembangkan harus
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini dilakukan
kepada 36 siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Jember.Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes
kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah menggunakan media
pembelajaran berdasarkan aspek kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan
kebaruan (novelty). Penggunaan media pembelajaran berbantuan Articulate
Storyline dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang dilihat dari nilai
rata-rata post-test lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test.
Berdasarkan analisis uji N-gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir
kreatif siswa, diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,68 yang termasuk dalam
kategori sedang. Selain itu, berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata
kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media
pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa media
pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi barisan dan deret
geometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa telah memenuhi
kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif siswa | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd.
Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ARTICULATE STORYLINE | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF | en_US |
dc.subject | BARISAN DAN DERET GEOMETRI | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa | en_US |
dc.title.alternative | Developing Articulate Storyline-Assisted Learning Media on the Topic of Geometric Sequences and Series to Improve Students' Creative Thinking Skills | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |