Penerapan Utaut Model Pada Pengaruh Persepsi Risiko Danniat Perilaku Penggunaan E- Commers Merce Shopee : Peran Moderasi Pengalaman Belanja Online Post COVID
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh performance
expectancy, effort expectancy, Social Influencer terhadap Persepsi Risiko, dan
pengaruh Persepsi Risiko terhadap Niat Perilaku, serta bagaimana peran
pengalaman belanja online dalam memoderasi pengaruh persepsi risiko terhadap
niat perilaku. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen
belanja online yang telah bertransaksi di platform E-commerce Shopee Indonesia.
Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive
sampling, dikarenakan Purposive sampling merupakan teknik penentuan sampel
dengan beberapa pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2013). Kriteria pemilihan
responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah setiap orang yang pernah
melakukan transaksi pembelian di Shopee minimal tiga kali dalam satu bulan
terakhir yaitu pada bulan Oktober 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini adalah dengan menggunakan kuisioner (Google Form).
Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini berdasarkan pendapat (Hair et
al., 2010) yang mengemukakan bahwa untuk menentukan ukuran sampel dapat
beberapa saran yang digunakan salah satunya yaitu bergantung pada jumlah
indikator yang digunakan dalam seluruh variabel bentukan. Jumlah sampel adalah
jumlah indikator bentukan yang dikalikan 5 sampai dengan 10. Indikator dalam
penelitian ini berjumlah 23 indikator, dan ukuran ukuran sampel yang layak dalam
penelitian adalah antara 115 sampai dengan 230, artinya sampel minimal 115 orang
responden dan maksimal 230 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa performance expectancy, effort expectancy, Social Influencer memiliki
pengaruh signifikan terhadap Persepsi Risiko. Selain itu pengalaman belanja online
memoderasi pengaruh persepsi risiko terhadap niat perilaku.
Collections
- MT-Management [539]